Scroll to Top

Kesalahan Teknis Ban Bukan Sebab Sebastian Vettel Gagal Finis

By Rheza Fadhlillah / Published on Thursday, 17 Nov 2011

Sebastian Vettel Out From Abu Dhabi 2011

Hasil investigasi yang dilakukan oleh pihak Pirelli terhadap ban mobil milik Sebastian Vettel menghasilkan kesimpulan bahwa kerusakan tidak terjadi karena sisi teknis ban yang buruk.

Vettel harus rela hanya menjadi penonton pada GP Abu Dhabi lalu setelah mobil yang ia kendarai berputar keluar lintasan pada tikungan kedua selepas start. Saat mencoba kembali ke lintasan, Vettel mendapati ban belakang sebelah kanan mobilnya pecah.

Vettel pun kembali ke pit untuk melakukan pergantian ban, namun sayang ternyata kerusakan lebih lanjut terjadi pada suspensi belakang mobilnya sehingga membuat ia harus keluar lebih dini pada seri tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Pirelli pada Rabu (16/10/11) menerangkan bahwa kegagalan sturktural ban atau katup bukanlah menjadi penyebab. Pecahnya ban belakang Renault yang dikendarai oleh Vettel disebut terjadi akibat tergores puing-puing yang ada di lintasan.

Paul Hembery, Direktur Pirelli Motorsport berkata , “Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kerusakan struktural bukanlah penyebab keluarnya Sebastian Vettel di Abu Dhabi. Sebuah kesimpulan yang kami temukan bersama dengan Red Bull Racing berdasarkan penelitian secara detil dan analisis dari sisa-sisa ban.”

“Kami tidak bisa memungkiri puing di atas trek menjadi penyebab kerusakan pada ban, yang kemudian mengakibatkan pecahnya ban, tetapi setelah melihat secara langsung pada trek, tidak ada bukti jelas atas kejadian ini.”

Ada indikasi bahwa kerusakan ban kemungkinan disebabkan akibat ban terlalu panas karena terus menerus dilewati oleh gas buang. Namun, Red Bull Racing belum memberikan komentar apapun terkait hasil investigasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda