Scroll to Top

Premier League: Lima Pendatang Baru Terbaik

By Wan Faizal / Published on Thursday, 17 Nov 2011

Premier League Inggris adalah salah satu liga terbaik yang ada di dunia ini. Bahkan bisa dibilang Premier League adalah yang terbaik. Kualitas kompetisi, klub peserta, pemain yang berkualitas, stadion yang megah, dan fans yang fanatik adalah beberapa faktor penyebabnya.

Kompetisi terbaik sudah pasti diisi oleh pemain-pemain terbaik pula. Persaingan yang ketat antar pemain, baik itu pemain antar klub maupun pemain sesama klub, tak terelakkan lagi. Persaingan pemain antar klub bisa dilihat dari upaya membawa klub masing-masing untuk meraih kemenangan. Sedangkan persaingan pemain sesama klub bisa terlihat dari persaingan untuk mendapatkan posisi di tim inti.

Tak jarang, banyak pemain yang terpental hanya gara-gara kalah bersaing. Kesulitan tersebut biasanya paling sering dihadapi oleh para pemain yang baru pertama kali merumput di Inggris. Faktor kesulitan beradaptasi sering menjadi penyebabnya.

Namun, tak semua pendatang baru tersebut menuai kegagalan. Ada juga beberapa yang malah sukses menghuni tim inti dan menunjukkan kontribusi maksimalnya bagi klub.

Berikut adalah lima pendatang baru terbaik Premier League 2011-2012. Kelimanya baru kali ini merasakan ketatnya kompetisi Premier League, namun sudah mampu menunjukkan kualitas terbaiknya. Dalam daftar EA Sports: Player Performance Index, kelimanya juga menghuni menghuni posisi tertinggi diantara para pendatang baru lainnya.

1.       Sergio Aguero (Manchester City)

Aguero berada di posisi kedelapan dalam daftar EA Sports: Player Performance Index. Baru musim ini didatangkan Manchester City dari Atletico Madrid dengan harga yang cukup mahal, yakni 38 juta pounds.

Debutnya di Premier League berlangsung sangat manis. Masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Swansea City, Aguero mampu menyarangkan dua gol untuk membawa City unggul 4-0.

Sejauh ini, Aguero adalah top scorer sementara The Citizens di liga dengan torehan sembilan gol. Jauh melebihi para penyerang City lainnya seperti Mario Balotelli, Edin Dzeko, atau Carlos Tevez.

Aguero telah bermain 10 kali musim ini, dan hanya satu kali ia tampil sebagai pemain pengganti, yakni saat melawan Swansea.

Profil dan statistik *:

Nama lengkap: Sergio Aguero del Castillo

TTL: Quilmes (Argentina), 2 Juni 1988

Tinggi/Berat: 170cm/69kg

Posisi: Striker

Debut Premier League: 15-08-2011 (Man. City 4-0 Swansea)

EA Sports: Player Performance Index: 8th

Main

10

Shots

36

Pengganti

1

Shots on target

14

Menit bermain

656’

Menit terproduktif

61-75 (4 gol)

Menit bermain/pertandingan

66’

Assist

3

Gol

9

Kartu kuning

0

Gol/pertandingan

0,9

Kartu merah

0

 

2.       Anthony Pilkington (Norwich City)

Namanya mungkin belum banyak dikenal. Maklum saja, selain baru pertama kali berlaga di Premier League, pemain berusia 23 tahun itu juga bermain di klub promosi, Norwich City.

Namun jangan pernah sekalipun meremehkan pemain kelahiran Blackburn ini. Ia adalah salah satu pemain andalan The Canaries. Terbukti, hingga pekan ke-11 ini Pilkington telah bermain sebanyak 10 kali dan mampu mencetak 4 gol.

Atas penampilan memukaunya itu, Pilkington mendapat “ganjaran” dengan diburu beberapa klub yang lebih besar dari Norwich. Maka, tak salah rasanya jika menyebut Pilkington sebagai salah satu rising star terbaik Premier League musim ini.

Profil dan statistik *:

Nama lengkap: Anthony Neil James Pilkington

TTL: Blackburn (Inggris), 6 Juni 1988

Tinggi/Berat: 183cm/76kg

Posisi: Gelandang, Striker

Debut Premier League: 13-08-2011 (Wigan 1-1 Norwich)

EA Sports: Player Performance Index: 47th

Main

10

Shots

18

Pengganti

8

Shots on target

9

Menit bermain

731’

Menit terproduktif

1-15, 16-30

31-45+, 61-75

Menit bermain/pertandingan

73’

Assist

1

Gol

4

Kartu kuning

1

Gol/pertandingan

0,4

Kartu merah

0

 

3.       Juan Mata (Chelsea)

Inilah pembelian terbaik Chelsea musim ini. Dibeli seharga 23,5 juta pounds dari Valencia, Mata menunjukkan bahwa tak salah The Blues mengeluarkan uang banyak untuk membelinya.

Pada partai debutnya di Premier League, Mata langsung mencetak satu gol saat Chelsea menghajar Norwich 3-1. Eloknya lagi, pada partai pertamanya di Liga Champions bersama Chelsea, Mata juga mencetak satu gol saat melawan Bayer Leverkusen.

Kontan saja Mata langsung menuai banyak pujian baik dari kawan maupun lawan. Gelandang Chelsea, Frank Lampard, dan pelatih Everton, David Moyes, menyebut Mata mampu membawa keindahan pada permainan Chelsea.

Hingga pekan ke-11 ini, Mata dipercaya tampil sebanyak 9 kali oleh Andre Villas-Boas. Ia juga mampu menghiasinya dengan dua gol. Satu golnya lagi tercipta saat Chelsea kalah 3-5 dari Arsenal.

Profil dan statistik *:

Nama lengkap: Juan Manuel Mata Garcia

TTL: Burgos (Spanyol), 28 April 1988

Tinggi/Berat: 170cm/61kg

Posisi: Gelandang

Debut Premier League: 27-08-2011 (Chelsea 3-1 Norwich)

EA Sports: Player Performance Index: 52nd

Main

9

Shots

10

Pengganti

1

Shots on target

5

Menit bermain

613’

Menit terproduktif

76-90+ (2 gol)

Menit bermain/pertandingan

68’

Assist

4

Gol

2

Kartu kuning

1

Gol/pertandingan

0,22

Kartu merah

0

 

4.       David de Gea (Manchester United)

Sempat dianggap sebagai pembelian gagal di awal-awal penampilannya bersama Manchester United, perlahan tapi pasti De Gea mampu membuktikan bahwa uang 18,9 juta pounds yang dikeluarkan United untuk membelinya tak sia-sia.

De Gea kini semakin mantap mengisi posisi kiper utama United. Hanya dua kali tempatnya diambil alih oleh Anders Lindegaard, itupun karena sistem rotasi yang diterapkan Sir Alex Ferguson. Namun ketika United bertemu tim-tim besar, De Gea adalah orang yang dipercaya mengawal gawang The Red Devils.

De Gea memang telah kebobolan 12 gol sejauh ini, namun itu semua bukan serta merta kesalahannya seorang. Namun juga karena faktor barisan pertahanan United yang tidak cukup rapat musim ini. Secara individu, kiper berusia 21 tahun itu tetap mampu membuktikan kelasnya sebagai calon kiper jempolan masa depan.

Profil dan statistik *:

Nama lengkap: David de Gea Quintana

TTL: Madrid (Spanyol), 7 November 1990

Tinggi/Berat: 192cm/82kg

Posisi: Kiper

Debut Premier League: 14-08-2011 (West Bromwich 1-2 Man. United)

EA Sports: Player Performance Index: 54th

Main

9

Saves

45

Pengganti

0

Penalties Saved

1

Menit bermain

810’

Menit kebobolan

Terbanyak

46-60, 61-75,

76-90+ (3 gol)

Menit bermain/pertandingan

90’

Assist

0

Kebobolan

12

Kartu kuning

0

Kebobolan/pertandingan

1,33

Kartu merah

0

 

5.       Yohan Cabaye (Newcastle United)

Salah satu pembelian tersukses Newcastle United musim ini selain Demba Ba. Hanya dibeli dengan harga 4,8 juta pounds dari Lille, Cabaye mampu menjadi nyawa lini tengah Newcastle musim ini.

Faktanya, 11 pekan Premier League berjalan, 11 kali pula Cabaye tampil sejak menit pertama. Dari 11 partai tersebut, enam kali dilakoninya hingga pertandingan berakhir, meski baru satu gol yang disumbangkannya bagi The Toon Army.

Dipasangkan dengan siapa saja diantara Cheik Tiote, Danny Guthrie, atau Dan Gosling, Cabaye selalu bisa tampil apik, baik dalam menyerang maupun bertahan. Penampilan apiknya pun membuat ia langsung dicintai fans. Buktinya, saat ditarik keluar di menit 38 saat melawan Everton karena cedera, ia mendapat standing applaus yang meriah dari fans.

Harus diakui, Cabaye adalah salah satu faktor yang membuat Newcastle berhasil masuk tiga besar klasemen sementara dan menyandang predikat sebagai salah satu klub yang belum pernah merasakan kekalahan musim ini bersama Manchester City.

Profil dan statistik *:

Nama lengkap: Yohan Cabaye

TTL: Tourcoing (Prancis), 14 Januari 1986

Tinggi/Berat: 175cm/69kg

Posisi: Gelandang

Debut Premier League: 13-08-2011 (Newcastle 0-0 Arsenal)

EA Sports: Player Performance Index: 59th

Main

11

Shots

15

Pengganti

0

Shots on target

7

Menit bermain

911’

Menit terproduktif

76-90

Menit bermain/pertandingan

83’

Assist

1

Gol

1

Kartu kuning

2

Gol/pertandingan

0,09

Kartu merah

0

 

* : Statistik hingga pekan ke-11 Premier League 2011-2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda