Scroll to Top

Pindah ke Muenchen, Neuer Diancam

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 13 Jun 2011

Kepindahan Manuel Neuer ke Bayern Muenchen ternyata menuai kontroversi. Kiper utama timnas Jerman itu langsung dimusuhi oleh para pendukung Bayern Muenchen. Alasannya mudah. Neuer direkrut dari seteru abadi mereka, Schalke 04.

Kita tentu masih ingat bagaimana Luis Enrique bertahun-tahun lalu mendapatkan perlakuan “yang lebih kejam” dari Cules (pendukung Barcelona). Kala itu Enrique pindah dari musuh bebuyutan El Barca, Real Madrid.

Kini, para pendukung Bayern dengan tegas menyatakan sikap. Mereka berdemonstrasi sambil mengacungkan kertas bertuliskan “Koan Neuer” (Anti Neuer). Bahkan ada pula oknum yang mulai mengancam akan membahayakan Neuer. Sampai-sampai Bayern Muenchen mesti menyewa ahli anti teror untuk membereskan “dendam dan ketidaksukaan” para pendukung Muenchen.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dari Neuer. Kiper ini telah digadang-gadang akan meneruskan kedigdayaan kiper Jerman setelah Jens Lehmann, Oliver Kahn, atau Andreas Koepke. Penampilannya di Schalke juga di atas rata-rata. Neuer berhasil membawa Schalke menapaki semifinal Liga Champions musim lalu.

Hanya karena kebencian terhadap Schalke sajalah yang membuat kedatangan Neuer kali ini tidak seperti kedatangan para pemain baru Bayern Muenchen sebelumnya.

Jika kebencian ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin Neuer akan frustrasi. Maklum, di Jerman, sepakbola adalah agama. Jika tidak ada penyelesaian yang memuaskan antara Bayern Muenchen dan para pendukungnya, nasib Neuer justru yang akan terancam. Bayangkan jika teror penonton di Allianz Arena yang semestinya berlaku untuk tim lawan, justru ditumpahkan pada kiper tim mereka sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda