Scroll to Top

Thibaut Courtois Pecahkan Rekor Kiper Termuda Belgia

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Thibaut Courtois

Belgia adalah tanah kiper-kiper besar dunia. Dari negara berjuluk Setan Merah ini, sudah lahir kiper seperti Jean-Marie Pfaff, Gilbert Bodart, Michel Preud’homme, dan Danny Verlinden. Kini ada satu lagi kiper yang masuk dalam daftar di atas: Thibaut Courtois.

Ya, pemain Atletico Madrid memang sensasional. Ia baru saja melakoni debut internasional beberapa hari lalu. Menghadapi Prancis yang tampil biasa-biasa saja, Courtois sukses menjaga gawangnya agar tak kebobolan.

Ia pun dianugerahi gelar pemain terbaik dalam laga persahabatan tersebut. Beberapa penyelamatan penting dan “berdarah dingin” membuat Courtois mendapatkan nilai 8. Plus, memecahkan rekor sebagai kiper termuda yang berlaga untuk timnas Belgia. Courtois melakukan debut dalam usia 19 tahun 6 bulan!

Sebenarnya, menduduki starting XI timnas Belgia sedikit berbau keberuntungan untuk anak muda ini. Posisinya di tim inti disebabkan oleh cederanya Simon Mignolet, kiper utama Belgia yang berlaga di Sunderland. Terlepas dari keberuntungan ini, Courtois memang sudah saatnya bersinar.

Musim ini, Courtois sudah tampil 14 kali untuk Atletico Madrid di semua kompetisi. Meskipun klubnya masih berkutat di papan tengah, penampilannya patut diacungi jempol. Courtois menunjukkan bahwa ia bisa menggantikan peran David De Gea yang pada musim panas lalu pergi ke Manchester United.

Kiper Terbaik Liga Belgia musim lalu ini sebenarnya diincar Atletico untuk kontrak permanen. Terutama, demi mendapatkan darah muda pengganti David De Gea.

Untuk Courtois, José Luis Caminero, direktur olahraga Atletico Madrid, rela melakukan perjalanan ke Brussels. Namun, ketika tiba di sana, sadarlah ia para petinggi Genk sudah menyelesaikan penandatanganan transfer dengan Chelsea.

Meskipun Atletico termasuk klub kaya, jelas mereka adalah lawan tak sepadan bagi Chelsea. Dari sini pula, Chelsea kemudian meminjamkan kiper baru mereka ke tanah Spanyol.

Hingga kini, masih banyak pers Spanyol yang pesimis dengan Courtois. Bagaimana mungkin penjaga gawang berusia 19 tahun yang berasal dari liga “antah berantah” Belgia, akan langsung beradaptasi dengan Liga Spanyol yang lebih berat.

Seolah pers Spanyol lupa berapa usia De Gea saat berlaga di Vicente Calderon. Namun, dengan gelar man of the match negaranya dan rekor kiper termuda Belgia, Courtois telah berada selangkah di depan para pemburu gosip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda