Scroll to Top

Terlalu Banyak Bermain, Lionel Messi Dicadangkan Josep Guardiola?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Lionel Messi Latihan

Musim ini, ekspektasi kepada Lionel Messi begitu berlebihan. Baik di timnas Argentina maupun Barcelona, ia “dipaksa” bekerja keras sepanjang waktu.

Para pendukung tim tango dipastikan menggerutu kalau Messi cuma duduk di bangku cadangan. Demikian pula, Pep Guardiola akan dikritik jika Sang Mesiah tak juga dimunculkan.

Satu hal yang perlu diperhatikan penggemar dan pelatih, Messi bukanlah robot. Ia manusia biasa yang akan kelelahan.

Total, Messi sudah bermain 18 kali untuk Barcelona atau berarti berlaga di semua pertandingan Barcelona ketika ia tidak terganjal laga internasional. Dari bermain 18 kali itu, Messi mengumpulkan waktu 1557 menit di lapangan atau hampir selalu bermain 90 menit!

Akhir pekan ini, Messi dipastikan masih kelelahan setelah laga internasional. Argentina baru saja mempekerjakannya untuk menghadapi Bolivia dan Kolombia. Rasa frustrasi bisa muncul sewaktu-waktu bagi pemain berusia 24 tahun ini.

Mengingat perjalanan Barcelona masih panjang, wajib hukumnya bagi Pep Guardiola untuk mengistirahatkan Messi dalam laga melawan Real Zaragoza akhir pekan ini.

Apalagi jika melihat jadwal padat di bulan Desember. Saat itu, Barcelona akan menghadapi Real Madrid. Selain duel El Clasico, mereka juga akan “berwisata” ke Jepang untuk Piala Dunia Antar Klub. Dalam ajang ini, Barcelona kemungkinan akan melawan Monterrey atau Al-Sadd, juara Piala Champions Asia.

Barcelona berkepentingan untuk melanjutkan trend positif klub-klub Eropa di ajang Piala Dunia Antar Klub. Sudah empat kali berturut-turut klub Eropa menjuarai ajang tersebut.

Barcelona sendiri memiliki kenangan indah di Piala Dunia Antar-Klub. Pada final 2009, mereka menaklukkan klub dari negara asal Messi, Estudiantes dengan skor 2-1. Kala itu Sang Mesiahlah yang mencetak gol terakhir di babak perpanjangan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda