Scroll to Top

Esperance Siap Menghancurkan Barcelona di Piala Dunia Antar Klub

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Piala Dunia Antar Klub masih lama digelar. Namun, sudah ada dua calon penantang Barcelona di laga semifinal turnamen tersebut. Mereka adalah Esperance dari Afrika dan Al-Sadd dari Asia.

Barcelona Piala Dunia Antar Klub

Dua tim ini akan berduel dahulu di perempat final yang akan diadakan pada 11 Desember mendatang. Barulah pemenang laga ini mendapatkan berkah menghadapi Barcelona di semifinal pada 14 Desember.

Esperance atau bernama lengkap Espérance Sportive de Tunis, memiliki catatan yang mirip dengan Barcelona. Mereka memenangi 3 gelar juara liga dalam 3 tahun terakhir (2009, 2010, 2011). Mereka pun sama dengan El Barca karena sukses mengawinkan gelar tertinggi di liga domestik dengan gelar Liga Champions benua Afrika.

Al-Sadd, klub asal Qatar, tak kalah meyakinkan. Mereka seolah membuktikan, kampanye negaranya untuk Piala Dunia 2022 bukanlah isapan jempol belaka. Di final Liga Champions Asia, mereka menaklukkan Jeonbuk Motors, klub yang lebih diunggulkan, dalam drama adu penalti.

Mengingat kedua tim akan menghadapi Barcelona, layak disimak bagaimana komentar petinggi klub atas drawing ini.
Jafal Rashid, direktur sepakbola Al-Sadd, tampak merendah.

Katanya, “Kami bahagia dengan hasil undian. Kami ingin mendapatkan kesempatan melawan klub terbaik dunia (Barcelona). Namun, yang lebih penting, adalah menunjukkan kualitas sepakbola (Qatar).”

Sebaliknya, Riadh Bennour, presiden seksi sepakbola Esperance, tampil dengan gaya jumawa. Ia yakin bahwa keajaiban mungkin saja terjadi.

Komentarnya, “Semua orang ingin melihat final antara Santos melawan Barcelona. Namun, mereka mungkin saja melihat final antara Santos melawan Esperance. Kami ingin mewujudkan hal ini.”

Meskipun baru terjadi di pertengahan Desember, kita layak melihat kiprah tim-tim terbaik di seluruh dunia pada ajang ini. Kalau dahulu cuma ada Intercontinental Cup yang mempertemukan klub Amerika Latin dengan Eropa, keadaan sudah banyak berubah.

Selain Al-Sadd dan Esperance, ada pula Monterrey (wakil CONCACAF), Auckland City (wakil OFC), dan satu lagi juara liga Jepang yang belum ditentukan sebagai tuan rumah. Enam tim ini, meskipun lebih minor dari Santos (wakil CONMEBOL) dan Barcelona (wakil UEFA), berpeluang tampil mengejutkan.

Jadwal Piala Dunia Antar Klub

Tidak perlu jauh-jauh. Final tahun lalu membuktikannya. Internazionale tidak berhadapan dengan Internacional, wakil CONMEBOL. Melainkan, Mazembe Englebert, wakil CAF.

Jadi, apakah kejutan tersebut masih ada tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda