Scroll to Top

Melawan Valencia, Laga Ke-50 Jose Mourinho Bersama Real Madrid di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Jose Mourinho 1Tak terasa, sudah setahun lebih Mourinho melatih Real Madrid. Di klub inilah ia mencapai kesuksesan dalam arti sesungguhnya.

Bukan masalah berapa banyak gelar, melainkan persentase kemenangan dan jumlah gol.

Musim lalu, ia mungkin menjadi bahan lawakan Cules karena digelontor 5-0 di Camp Nou.

Namun, hanya dalam setengah musim, Mou membawa perubahan luar biasa.

Kehancuran di Camp Nou pada Desember 2010 dibalasnya dengan tampil ciamik pada Piala Super Spanyol Agustus lalu.

Meskipun Madrid kalah agregat 4-5 dari Barcelona, seluruh dunia layak bertepuk tangan karena Madrid tak lagi bermain bertahan.

Perubahan itu semakin menggila pada musim ini. Madrid terus menampilkan sepakbola menghibur. Hingga jeda laga internasional, mereka tercatat mengemas 10 kemenangan dalam 1o laga terakhir.

Maka, menghadapi Valencia adalah laga ke-11 yang mesti dilalui dengan kemenangan pula. Jika hasil ini tercapai, Mou akan menyamai rekor Pep Guardiola yang pernah melakukan hal serupa. Pep mencetak 11 kemenangan berturut-turut di musim pertamanya menangani Barcelona, 2008/2009.

Selain itu, laga kontra Valencia menjadi hal manis lain. Mou selalu menang di Mestalla. Laga ini juga menjadi laga ke-50-nya menangani Madrid di Primera Division.

Dalam 49 laga sebelumnya, Mou mencatatkan rekor fantastis. 38 kemenangan, 6 imbang, dan hanya 5 kali kalah membuatnya menjadi salah satu manajer tersukses Los Blancos.

Jose Mourinho

Sepanjang 49 laga itu pula, Madrid mencetak 141 gol dan terbobol 40 gol. Kalau dibuat rerata, Los Merengues mencetak 2,87 gol per laga dan cuma kemasukan 0,81 gol setiap pertandingan.

Sepanjang 49 laga tadi, Mou juga sudah bertemu 21 tim. Satu-satunya tim yang belum dikalahkan adalah Barcelona. Dengan klub Pep Guardiola, Mou kalah sekali dan seri sekali. Selebihnya, sudah ditaklukkan.

Nah, bertandang ke Mestalla dengan tantangan-tantangan di atas, apakah Mou akan sukses melanjutkan rekor musim lalu? Kala itu, Los Blancos mencukur Valencia 3-6!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda