Scroll to Top

Google Doodle: 224 Tahun Kelahiran Louis Jacques Mande Daguerre

By Ibnu Azis / Published on Friday, 18 Nov 2011

Ada yang beda dengan beranda laman Google hari ini (18/11/11). Tidak seperti biasanya, tampilan utama laman Google dihiasi dengan fotografi sebuah keluarga dalam sebuah bingkai klasik. Apa maksudnya?

Google Doodle hari ini

Ya, Google Doodle hari ini sejatinya bertema memperingati hari ulang tahun Louis Jacques Mande Daguerre. Ia adalah seniman dan kimiawan kelahiran Perancis yang kebetulan pada hari ini berusia genap 224 tahun.

Louis Jacques Mande Daguerre (1787-1851) dikenal dengan penemuan fotografi daguerreotype. Ia melakukan percobaan untuk mencipta gambar pada tahun 1824. Dengan menunjukkan diorama, Louis Jacques Mande Daguerre berkeliling Perancis, Inggris, dan Skotlandia.

Daguerreotype
Daguerreotype pertama yang dibuat oleh Daguerre

Lantas apa sih sebenarnya daguerreotype itu? Daguerreotype adalah metode atau proses dalam membuat foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia. Dan metode ini, untuk pertama kalinya dikenalkan oleh Louis Jacques Mande Daguerre.

Namun, Louis Jacques Mande Daguerre tidak sendiri dalam memperkenalkan fotografi ini. Ia bersama Nicephore Niepce bekerja sama selama 4 tahun sebelum kematian sang rekan pada tahun 1833.

Selamat ulang tahun Louis Jacques Mande Daguerre. Apa jadinya tanpa penemuanmu, mungkin dunia ini tidak akan mengenal media gambar fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda