Scroll to Top

Majunya Dunia Medis Sembuhkan Banyak Anak dari Kanker

By Ilham Choirul / Published on Friday, 18 Nov 2011

Syukurlah. Meski kanker terkenal sebagai penyakit mematikan, namun banyak penderita anak-anak yang mampu lolos dari ancaman kematian karena sebab ini. Majunya teknologi kedokteran dianggap punya pengaruh besar terhadap pengobatan kanker. Kemajuan itu salah satunya ditunjang dengan penanganan yang tidak hanya menggunakan satu metode saja. Dengan menggabungkan pengobatan kombinasi cukup ampuh membunuh sel kanker yang mengganas.

Terdapat penurunan signifikan pada angka kematian anak karena kanker. Menurut Profesor Peter Johnson, dokter kepala badan amal Cancer Research Inggris, dari tahun 1970-an sudah ada sekitar 5.600 anak yang bertahan hidup dari kanker. Data tersebut didapat dengan membandingkan tingkat hidup rata-rata anak penderita kanker dari 1970 – 2005.

“Kanker pada anak memang sulit untuk diteliti apalagi dengan jumlah anak-anak yang relatif sedikit didiagnosis setiap tahun,” kata Johnson.

Kanker darah (leukimia), yang dikenal mematikan, juga menunjukkan kabar positif dari penderitanya. Kini, tingkat harapan hidup penderita leukimia dari anak-anak meningkat 80 persen. Angka ini jauh lebih baik dari data tahun 1970-an, yang mencatat, hanya sepertiga dari total penderita leukimia mampu bertahan hidup.

“Kami terus berupaya untuk menemukan cara mendiagnosis penyakit ini sebelumnya dan mencari obat baru serta membuat pengobatan yang ada lebih efektif,” ungkap Johnson.

Kabar baik juga datang dari anak-anak penderita neuroblastoma. Penderitanya kini punya angka ketahanan hidup dari hanya 17 persen menjadi 64 persen. Kanker ini menyerang jaringan syaraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda