Scroll to Top

Final Inter Island Cup 2011 di Jayapura, Persipura Batal ke Indonesian Premier League?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Entah kebetulan atau tidak, PT Liga Indonesia beberapa hari lalu mengubah venue babak semifinal dan final Inter Island Cup 2011. Lokasi yang awalnya di Solo, berubah ke Jayapura. Banyak yang berpendapat, kepindahan ini sarat oleh muatan politis.

Persipura vs Arema

Pertama, demi merayu klub-klub Papua berlaga ke Indonesian Super League (ISL). Hingga saat ini, meskipun Persipura sempat menyatakan ingin bergabung dengan IPL, situasi belum pasti bagi sang juara bertahan ISL.

Pasalnya, Persipura, beserta tim IPL lainnya, Persidafon, tidak menghadiri  Workshop Regulasi Kompetisi yang diadakan PT LPIS Rabu hingga Jumat ini.

Dengan memindahkan venue final Inter Island Cup 2011 ke Jayapura, PT LI (PT Liga Indonesia) selaku penyelenggara Interisland Cup 2011 sekaligus penyelenggara ISL, seolah ingin menunjukkan kepada tim-tim Papua bahwa mereka “peduli” dengan sepakbola di tanah penghasil mutiara sepakbola Indonesia ini.

Kedua, demi memoroti jadwal Indonesian Premier League. Kesannya memang agak aneh dan menjurus ke arah ini.

Semestinya, pada 26 November, Persipura akan menjamu Arema dalam laga pertama Indonesian Premier League. Namun, pada hari yang sama, partai final Inter Island Cup 2011 juga akan digelar.

Dengan keadaan seperti ini, yang kebingungan adalah lawan Persipura dalam laga tersebut, Arema Malang. Mengingat, dua jadwal perdana Arema di IPL adalah menghadapi tim-tim Papua. Setelah menghadapi Persipura pada 26 November, mereka akan meladeni Persidafon pada 29 November mendatang.

Jika pada akhirnya Persipura dan Persidafon mengubah keputusan di detik-detik akhir dan berlari ke ISL, dua laga perdana Arema di IPL dipastikan menghilang. Namun, bukankah semua persiapan yang dilakukan Arema percuma?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda