Scroll to Top

Novara Promosi ke Serie-A

By Wan Faizal / Published on Monday, 13 Jun 2011

Setelah menunggu selama 55 tahun, Novara akhirnya memastikan diri promosi ke Serie-A musim depan. Hasil itu tercapai setelah dalam dua pertandingan final play-off Serie-B mereka unggul agregat 2-0 melawan Padova, Senin (13/6/2011) dini hari. Pada first leg (10/6/2011) kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

Padova sendiri memang dituntut meraih kemenangan apabila ingin lolos ke Serie-A. Apabila hanya meraih hasil seri, sekalipun mereka mampu mencetak gol di kandang Novara, maka Novara yang akan lolos.

Ini dikarenakan format play-off Serie-B Italia yang berbeda dibanding di negara-negara lain. Dalam sistem home and away disini, gol tandang tidak dihitung. Artinya, apabila dalam dua laga hasilnya tetap imbang, maka tim yang menempati posisi lebih baik di klasemen akhir yang akan lolos. Padova sendiri menempati peringkat kelima di klasemen akhir Serie-B 2010-2011. Sedangkan Novara di posisi ketiga.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Silvio Piola, anak asuh Attilio Tesser langsung bermain menyerang sejak menit pertama. Pertandingan baru berjalan 14 menit, Padova sudah harus kehilangan Cesar setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Pablo Andres Gonzalez di luar kotak pinalti. Eksekusi tendangan bebas yang diambil sendiri oleh Gonzalez berhasil merobek jala Padova. 1-0 untuk Novara.

Menit 70, skor berubah menjadi 2-0. Adalah Marco Rigoni yang berhasil membuat seisi stadion bergemuruh. Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Hasil ini terasa sangat istimewa bagi Novara. Pasalnya, musim lalu pun Novara baru meraih tiket promosi ke Serie-B dari Serie-C1. Kesuksesan ini membawa Novara melengkapi jatah tiga tim promosi ke Serie-A menemani Atalanta dan Siena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda