Scroll to Top

Zinedine Zidane Pemain Terbaik Liga Champions 20 Tahun Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 18 Nov 2011

Zinedine Zidane

Tak terasa, sudah 20 tahun Champions League tampil dengan format seperti yang kita tonton saat ini. Sebelumnya, hingga musim 1991/1992, Champions League masih bernama European Cup.

Selama 20 tahun pula, sudah lahir begitu banyak bintang. Namun, hanya ada satu yang paling terang. Seperti yang dirilis oleh AS.com, Zinedine Zidane, pemain terbaik Perancis dalam generasinya, terpilih sebagai pemain terbaik Liga Champions sejak dimulai 20 tahun lalu.

Zidane mungkin hanya mengangkat trofi Liga Champions sekali bersama Real Madrid. Namun, kelas dan keanggunannya di lapangan tak bisa disaingi para pemain lain yang mengggenggam trofi tersebut lebih banyak.

Sebut saja Paolo Maldini, Raul Gonzales, Lionel Messi, dan Xavi Hernandez. Nama-nama ini belum mampu menyaingi bakat surgawi Zizou, julukan Zidane.

Momen paling spesial bagi Zidane di Liga Champions datang pada musim 2001/2002. Kala itu, Zizou menyimpan dendam yang begitu kental. Betapa tidak? Ia pernah merasakan perihnya hanya menjadi runner-up di pertandingan terakhir dua kali. Bersama Juventus,

Zidane cuma bisa menembus final musim 1996/1997 dan 1997/1998. Juventus kalah dari Borussia Dortmund 3-1 di final 1997. Setahun kemudian, giliran gol tunggal Predrag Mijatovic mengandaskan mimpi Juventus.

Zinedine Zidane 1

Maka, ketika Zidane datang empat tahun kemudian, ia akan mendongakkan kepala ke langit. Berharap Tuhan melimpahkan cahaya di malam Glasgow yang terang.

Demikianlah yang terjadi. Bola melayang dari langit ke arah Zidane yang menengadah. Tanpa merasa perlu mengontrolnya, Zizou langsung menembak ke arah sudut gawang Hans-Jorg Butt, kiper Bayer Leverkusen. Gol itulah gol kemenangan Madrid atas tim berjuluk Neverkusen, 2-1.

Gol cantik ini hanya menjadi satu dari sekian aksi ciamik Zidane di ajang tersebut. Wajar jika banyak yang memilihnya sebagai pemain terbaik Liga Champions. Bahkan, ketika aksi lain tak dianggap. Sepakan indah ini menjadi gol khayalan anak-anak penggila bola di seluruh dunia menjelang tidur mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda