Scroll to Top

Piala Eropa U-21: Spanyol 1-1 Inggris

By Wan Faizal / Published on Monday, 13 Jun 2011

Dua tim unggulan di grup B Piala Eropa U-21, Spanyol dan Inggris, harus puas bermain imbang 1-1 pada laga yang berlangsung di Stadion Herning, Denmark (13/6/2011). Spanyol unggul lebih dulu lewat heading Ander Herrera menit 14. Inggris baru bisa menyamakan skor lewat Danny Welbeck saat pertandingan tersisa dua menit.

Pada awal pertandingan, Inggris bermain lebih agresif daripada Tim Matador. Tekanan-tekanan yang mereka lakukan hamper berbuah fatal bagi Spanyol saat backpass Alvaro Dominguez pada David De Gea hampir diserobot Welbeck.

Namun, Spanyol mampu leading lebih dulu. Berawal dari sepak pojok Thiago Alcantara, bola berhasil disundul Javi Martinez ke tiang jauh. Bola terlihat seperti melebar dari gawang. Tapi, tak disangka-sangka, Ander Herrera muncul untuk menyambar bola. Spanyol unggul 1-0.

Setelah itu, anak-anak asuh Stuart Pearce langsung mengobral serangan. Sayang, mereka seperti terburu-buru dalam memainkan bola, sehingga dapat dengan mudah direbut lagi oleh Spanyol. Sebaliknya Spanyol, mereka terlihat sangat enjoy dalam memainkan bola. Permainan tiki-taka ala Spanyol berhasil mereka terapkan dengan baik.

Di babak kedua, Spanyol masih mendominasi laga. Tercatat beberapa peluang berhasil mereka ciptakan lewat kombinasi satu-dua sentuhan yang cantik. Tapi sayang, peluang-peluang yang didapat Ander Herrera, Martin Montoya, dan Adrian Lopez gagal membuahkan hasil.

Keunggulan Spanyol hilang ketika laga memasuki menit ke-88. Berawal dari Chris Smalling yang memberikan umpan jauh pada Kyle Walker di sisi kanan Inggris. Lantas, Walker dengan mudah memperdaya Didac Vila untuk kemudian memberikan umpan ke Welbeck yang lolos dari kawalan bek-bek Spanyol.

Dari tayangan ulang, terlihat posisi Welbeck yang sudah off-side saat menerima umpan dari Walker. Tapi hakim garis tidak melihatnya sehingga gol tersebut tetap sah.

Dengan hasil ini, kedua tim menempati peringkat kedua dan ketiga klasemen sementara Grup B. Posisi pertama ditempati Rep. Ceko yang menang 2-1 atas Ukraina.

Susunan pemain:

Spanyol: De Gea, Montoya, Botia, Dominguez, Didac Vila, Javi Martinez, Thiago, Ander Herrera (Diego Capel 86′), Juan Mata, Jeffren (Bojan 80′), Adrian (Parejo 72′)

Inggris: Fielding, Walker, Smalling, Jones, Bertrand, Manchienne (Rodwell 67′), Henderson, Cleverley (Sinclair 81′), Rose (Lansbury 67′), Sturridge, Welbeck

 

[youtube Y79r5Mpw8Ec]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda