Scroll to Top

Jose Mourinho dan Pep Guardiola Bersaing dalam Ajang Pelatih Terbaik 2011

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 19 Nov 2011

Tak cukup bersaing di liga domestik, dua pelatih yang menangangi duo musuh bebuyutan ini terseret arus “perseteruan” dalam ajang berbeda. Mourinho dan Pep memang tidak akan benar-benar berkelahi, mereka “cuma” masuk daftar 10 nominator pelatih sepakbola pria terbaik versi FIFA tahun ini.

Jose Mourinho adalah sang juara bertahan. Ia pemenang Pelatih Terbaik 2010 Versi FIFA.

Meskipun sepanjang tahun 2011 ia tidak memberikan gelar kecuali Copa del Rey untuk Real Madrid, The Special One telah membawa persaingan Barcelona-Real Madrid dalam bentuk yang baru. Sempat dianggap pecundang karena taktik bertahan, kini Mou berada dalam trek yang mungkin bisa menjungkalkan Barcelona.

Sebaliknya, Josep Guardiola tengah kembali mengecap masa jaya. Setelah pada tahun 2010 cuma memboyong gelar juara liga domestik, tahun ini ia kembali sukses.

Pep mengawinkan gelar Liga Champions dengan La Liga. Jika melihat pencapaiannya dalam tiga tahun terakhir, sudah saatnya bagi Guardiola mencicipi nikmatnya menjadi pelatih terbaik dunia.

Selain kedua nama ini, ada pula Vicente del Bosque. Mantan pelatih Real Madrid ini begitu digdaya bersama timnas Spanyol.

Membawa La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 lalu, Del Bosque melanjutkannya dengan trend positif Spanyol. Dalam kualifikasi Euro 2012, Spanyol selalu menang dalam 8 pertandingan grup. Mereka lolos ke Ukraina-Polandia tanpa beban sedikit pun.

Joachim Loew juga masuk dalam daftar. Pelatih yang begitu dipuja karena keberaniannya mementaskan pemain muda, juga sesukses Del Bosque.

Jerman tak terkalahkan dalam kualifikasi Euro 2012. Bahkan, dalam laga ujicoba terakhir, tim panser menggulung Belanda 3-0.

Nama lain adalah The Master, Oscar Tabarez. Ia tidak hanya membawa Uruguay ke peringkat empat Piala Dunia 2010.

Tabarez juga mewujudkan mimpi penduduk Uruguay sekian lama di Copa America 2011. Uruguay yang lebih minor daripada Argentina dan Brazil dari segi pemain bintang, sukses memboyong gelar pertama dalam 16 tahun terakhir.

Secara lengkap, 10 pelatih terbaik dunia versi FIFA adalah sebagai berikut.

  1. Jose Mourinho (Real Madrid)
  2. Josep Guardiola (Barcelona)
  3. Sir Alex Ferguson (Manchester United)
  4. Rudi Garcia (Lille)
  5. Juergen Klopp (Borussia Dortmund)
  6. Andre Villas Boas (Porto/Chelsea)
  7. Arsene Wenger (Arsenal)
  8. Joachim Loew (Jerman)
  9. Vicente Del Bosque (Spanyol)
  10. Oscar Tabarez (Uruguay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda