Scroll to Top

Suzuki Resmi Mundur dari MotoGP

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 19 Nov 2011

Suzuki Leaves MotoGP

Suzuki melalui sebuah pernyataan resmi menyatakan pengunduran diri mereka dari ajang balap MotoGP mulai musim 2012.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada hari Jumat 18 November, disebutkan bahwa Suzuki untuk sementara waktu menarik diri dari MotoGP dan berniat untuk kembali pada musim 2014 nanti.

Suzuki juga menyatakan bahwa mereka akan memindahkan fokus pada kejuaraan balap motor produksi massal dengan dukungan homoglasi FIM dan kerjasama dengan pemasok suku cadang balap mereka.

Adapun pernyataan tersebut berisi kalimat sebagai berikut :

Suzuki Motor Corporation memutuskan untuk menangguhkan sementara partisipasi mereka dalam FIM Road Racing Grand Prix MotoGP mulai 2012.”

“Penangguhan ini adalah untuk mengatasi keadaan sulit yang disebabkan oleh resesi berkelanjutan dalam negara-negara berkembang, apresiasi historis Yen Jepang dan bencana alam.”

“Menatap kembali pada MotoGP di tahun 2014, Suzuki sekarang akan berfokus pada pengembangan mesin balap yang kompetitif untuk kelas tersebut.”

“Suzuki akan tetap melanjutkan aktifitas balap motocross dan mendukung aktivitas balap road race menggunakan kendaraan yang diproduksi secara massal, dengan mendapat homoglasi FIM dan kerjasama bersama pemasok suku cadang balap mereka.

“November 18, 2011

Suzuki Motor Corporation

Pengunduran diri Suzuki dari balap MotoGP berarti menyusul langkah yang pernah diambil Kawasaki pada tahun 2009 dan Aprilia pada tahun 2004. Kini MotoGP hanya menyisakan tiga pabrikan yaitu Ducati, Honda, dan Yamaha.

Pembalap tersukses yang pernah dimiliki Suzuki ialah Kenny Roberts Sr yang pernah membawa gelar juara dunia saat format mesin masih berkapasitas 500cc. Kemenangan terakhir yang diraih Suzuki pada era motor 4 tak adalah pada seri Le Mans tahun  2007 oleh Chris Vermeulen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda