Scroll to Top

Ini Pemandangan Gerhana Matahari Total dari Atas Pesawat Terbang

By Ilham Choirul / Published on Monday, 23 Mar 2015

gerhana matahri pesawat

Pada 20 Maret 2015 lalu sebagian langit di Eropa gelap gulita dengan adanya gerhana matahari total. Banyak orang melihat langsung proses gerhana dengan peralatan khusus. Namun bagaimana rasanya melihat gerhana matahari total di dalam pesawat terbang yang sedang mengangkasa?

Inilah pengalaman seru yang dialami penumpang pesawat dari maskapai EasyJet yang sedang terbang di hari sama dengan terjadinya gerhana. Pesawat tersebut ada di atas awan kala melakukan perjalanan dengan rute Inggris – Islandia. Dan, saat itu tampak matahari sedang tertutup oleh bulan sehingga menyebabkan langit menjadi gelap.

Dikutip dari Detik Travel, pesawat dengan nomor penerbangan EZY6747 itu berangkat dari Belfast pada pukul 8.05 waktu setempat. Tujuannya adalah Kota Reykjavik di Islandia. Para penumpang menjumpai kejadian proses gerhana matahari total saat pesawat melintas di sekitar Faoe Island. Dari posisi tersebut gerhana terlihat sangat jelas dan indah.

Sementara itu, sang pilot memusukan beberapa kali memutar pesawatnya di kawasan Faroe Island. Ini dilakukannya pada ketinggian 37 ribu kaki sehingga penumpang bisa memandang gerhana matahari secara langsung. Saat itu tidak ada awan yang menghalangi pandangan.

Manuver yang dilakukan oleh kru pesawat diklaim oleh EasyJet sangat aman dan terkontrol. Dengan manuver itu semua penumpang di kanan – kiri pesawat bisa memandang gerhana. Selain itu, ada dua pesawat lain milik EasyJet yang melakukan hal sama yang berangkat dari Luton dan Manchester.

Komentar Anda