Scroll to Top

Chelsea vs Liverpool: Ujian Lini Depan

By Wan Faizal / Published on Sunday, 20 Nov 2011

Dua kekalahan yang diderita Chelsea atas Liverpool musim lalu membuat The Blues kehilangan enam angka penting dalam usahanya mempertahankan gelar Premier League yang lantas direbut Manchester United.

kini Chelsea berpeluang menebus poin yang hilang itu saat kembali bersua Liverpool dalam lanjutan Premier League pekan ke-12, Minggu (20/11) pukul 23.00 WIB, di Stadion Stamford Bridge.

Akan tetapi, berat rasanya bagi Chelsea untuk bisa meraih tiga poin. Meski Raul Meireles, sang pencetak gol tunggal kemenangan Liverpool musim lalu di Stamford Bridge, telah berganti seragam Chelsea, tetap bukan menjadi jaminan bahwa Chelsea akan dengan mudah merebut tiga angka.

“Saya selalu melihat Liverpool sebagai pesaing dalam perebutan gelar juara. Kenny Dalglish telah membuat banyak perubahan disana,” ujar manajer Chelsea, Andre Villas-Boas.

Musim ini Chelsea juga selalu takluk saat berjumpa tim-tim elite lainnya. Melawan United di Old Trafford, Chelsea takluk 3-1. Dan ketika menjamu Arsenal, mereka dihajar 3-5.

Kondisi Chelsea diperparah dengan mandulnya lini depan Chelsea yang diisi Fernando Torres, Didier Drogba, Nicolas Anelka, Romelu Lukaku, dan Daniel Sturridge. Torres yang diharapkan menjadi tumpuan mencetak gol baru mampu mengemas dua gol. Sementara Drogba dan Anelka masih mencetak satu gol. Sementara Sturridge mencetak gol, dan Lukaku masih tanpa gol.

Jumlah gol tersebut masih kalah dari koleksi Frank Lampard yang notabene berposisi sebagai gelandang. Sejauh ini Lampard menjadi pencetak gol sementara Chelsea dengan enam gol. Disusul Ramires yang telah mengemas tiga gol.

Sementara dari kubu Liverpool, permasalahan yang dihadapi tidak berbeda jauh dengan yang dialami Chelsea, yakni efektivitas dalam memanfaatkan peluang menjadi gol. Luis Suarez, Andy Carroll, dan beberapa gelandang lain sering terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan peluang yang mereka dapat.

Meski lini depan sering dijadikan kambing hitam dalam kegagalan Liverpool meraih tiga angka, tetap saja ada dukungan yang diberikan untuk duet striker Suarez-Carroll. Pepe Reina, kiper Liverpool, menilai kualitas Suarez lebih baik dari Torres yang juga pernah berbaju The Reds.

“Fernando adalah striker kelas dunia. Luis juga bagus, bahkan lebih bagus daripada Fernando. Semoga Luis bisa mencetak banyak gol seperti yang Fernando lakukan disini,” harap Reina.

Sedangkan Dominic Matteo, legenda Liverpool, lebih keras lagi dalam membandingkan Carroll dengan Torres.

“Saya pikir Fernando lebih buruk daripada Andy. Untuk beberapa alasan, Fernando telah kehilangan kepercayaan diri. Andy masih sangat muda. Dengan penanganan yang bagus, ia memiliki masa depan yang cerah,” kata Matteo.

Dan sepertinya sudah bisa ditebak, siapa yang bisa lebih efektif memanfaatkan peluang mencetak gol, maka tim itulah yang akan keluar sebagai pemenang.

Perkiraan susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): 1. Petr Cech; 2. Branislav Ivanovic, 4. David Luiz, 26. John Terry, 3. Ashley Cole; 7. Ramires, 16. Raul Meireles, 8. Frank Lampard; 23. Daniel Sturridge, 10. Juan Mata, 9. Fernando Torres. Manajer: Andre Villas-Boas

Liverpool (4-4-2): 25. Pepe Reina; 2. Glen Johnson, 23. Jamie Carragher, 5. Daniel Agger, 3. Jose Enrique; 21. Lucas Leiva, 26. Charlie Adam, 18. Dirk Kuyt, 19. Stewart Downing; 7. Luis Suarez, 9. Andy Carroll. Manajer: Kenny Dalglish

Head to head:

07-02-2011: Chelsea 0-1 Liverpool

08-11-2010: Liverpool 2-0 Chelsea

02-05-2010: Liverpool 0-2 Chelsea

04-10-2009: Chelsea 2-0 Liverpool

15-04-2009: Chelsea 4-4 Liverpool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda