Scroll to Top

Sevilla 1-2 Athletic Bilbao: Mengakhiri Kutukan 18 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 21 Nov 2011

Sevilla 1-2 Athletic Bilbao (2)

Singa Basque kembali mengaum. Kali ini, korban berikutnya bernama Sevilla. Iker Muniain dkk. mengakhiri kutukan 18 tahun tak pernah menang di Ramon Sanchez Pijzuan.

Terakhir kali Athletic Bilbao menekuk Sevilla di kandang terjadi pada tahun 1993 dengan kemenangan 1-3. Sebelum laga ini, pasukan lokal Basque melakoni 6 kali seri dan 8 kekalahan di stadion kuburan mereka ini.

Tekanan sudah diberikan sejak peluit tanda laga dimulai berbunyi. Bahkan, Javi Varas yang sering menjadi pahlawan Sevilla harus menelungkup lebih awal.

Tendangan bebas Ander Herrera bisa dibuang Alvaro Negredo. Namun, siapa yang bisa memastikan sapuan seorang striker 100% bersih? Datanglah Andoni Iraola untuk menghunjamkan tembakan ke sudut kanan gawang Varas di menit keenam.

Tak mau dipermalukan di kandang, Sevilla menggedor pertahanan Bilbao. Frederic Kanoute mengirimkan umpan sundulan kepada Jesus Navas yang berlari dari belakang. Sentuhan pertamanya langsung menaklukkan kiper Gorka Iraizoz. 1-1 di menit 14.

Meskipun tampil di bawah bayang-bayang kutukan 18 tahun, Bilbao justru tampil lebih jitu. Namun, skor tak berubah hingga turun minum.

Babak kedua, Athletic Bilbao tetap menunjukkan kualitas apik. Namun, pasukan Marcelo Bielsa membutuhkan 19 menit menjelang akhir laga untuk mendapatkan tiga angka.

Iker Muniain yang tengah menjadi sorotan Real Madrid, menjadi juru selamat anak-anak Basque. Umpan terobosannya dengan jitu mengarah pada Oscar de Marcos.

Gagal pada percobaan pertama, bola yang tertepis kaki Javi Varas mengalir kembali pada sang nomor 10. Tak mau mengulang kesalahan, de Marcos sukses mencetak gol keduanya musim ini.

http://www.youtube.com/watch?v=WJaMCpFvZ5w

Bilbao layak memenangi laga ini. Mereka tercatat melepas 14 tembakan, 5 di antaranya tepat sasaran. Penguasaan bola pun unggul daripada Sevilla yang cuma 39%.

Dengan kesuksesan ini, Bilbao menerobos ke peringkat enam. Poin mereka boleh sama dengan Malaga dan Espanyol. Namun, surplus gol mereka jauh lebih baik.

Sebaliknya, Sevilla akan kebingungan karena untuk kesekian kalinya, terjerembab tak bergerak di klasemen. Ini kekalahan kedua mereka di kandang sekaligus mencatat hasil negatif. Lima kali laga terakhir, Sevilla belum meraih satu kemenangan pun. Mereka cuma mendapatkan tiga hasil seri dan dua kekalahan.

Sevilla 1-2 Athletic Bilbao

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda