Scroll to Top

Pria Penderita HIV Bisa Punya Anak Sehat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 Nov 2011

Para ilmuwan di Australia berhasil menemukan cara agar pria penderita HIV bisa memiliki anak tanpa menularkan virusnya kepada janin. Seperti diketahui secara umum, virus HIV dapat masuk ke sperma dan terbawa menuju sel telur saat pembuahan. Akhirnya, janin pun akan tertular dan lahir dalam keadaan sudah terkena HIV.

Peneliti di Melbourne mengatasi hal tersebut dengan inseminasi buatan. Seperti dikutip ABC News, prosesnya dilakukan dengan memisahkan sperma dari virus HIV yang melekat bersamanya. Setelah sperma dinilai steril, baru dilakukan inseminasi.

Dr. Michelle Giles mengatakan, cara ini membantu penderita HIV postif dari kalangan pria untuk mendapatkan anak biologis dan membangun sebuah keluarga dengan keturunan yang sehat. Inseminasi ini, kata Giles, terbilang aman untuk dilakukan.

“Kami mengolah air mani laki-laki, sehingga meminimalkan kemungkinan terdapatnya HIV dalam air mani itu. Kemudian menggunakannya untuk mencoba dan mendapatkan kehamilan pada wanita ,” ucap Giles.

Kemajuan ini adalah pertama kalinya yang terjadi di Australia. Dengan langkah tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi penerus yang sehat dari keturunan orang yang positif mengidap HIV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda