Scroll to Top

Kimchi Hasil Fermentasi Efektif Kurangi Obesitas

By Ilham Choirul / Published on Monday, 21 Nov 2011

Anda penyuka masakan Korea? Pasti kenal dengan masakan kimchi. Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang dibuat dari berbagai sayuran untuk dijadikan asinan. Sayuran tersebut ada yang difermentasikan atau dimakan segar. Di dalamnya dimasukkan berbagai bumbu dan berasa agak pedas.

Nah, menurut studi terbaru di Korea, kimchi ternyata bukan sekadar makanan sumber serat yang nikmat. Kandungan gizi di dalamnya ternyata mampu menurunkan berat badan dan efektif dalam memerangi obesitas.

Sebuah penelitian yang termuat dalam jurnal internasional “Nutrition Research”, dikatakan, kimchi memiliki enzim yang mampu meluruhkan lemak dalam tubuh. Seperti dikutip KBS World, penurunan berat badan terjadi secara signifikan terhadap 22 orang obesitas yang mengikuti penelitian. Mereka dijadikan dua kelompok makan yang sebagian diminta mengonsumsi kimchi segar, dan lainnya diberikan kimchi fermentasi secara rutin.

Hasilnya, dua kelompok makan sama-sama punya penurunan berat badan. Hanya saja, pada kelompok yang diberikan kimchi fermentasi, terjadi penurunan berat badan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda