Scroll to Top

Pengerasan Nadi Jantung Bisa Diatasi dengan Ginseng Merah

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 Nov 2011

ginseng koreaSerangan jantung koroner menjadi salah satu penyakit yang cukup populer di zaman serba instan seperti saat ini. Konsumsi makanan tidak sehat ditambah gaya hidup kurang gerak, menjadikan seseorang tanpa sadar menimbun kolesterol dalam pembuluh darahnya. Akibatnya, kelamaan kolesterol tersebut menyumbat arteri yang berujung menjadi plak yang keras. Saat aliran darah menjadi terhambat, serangan jantung — bahkan stroke, sangat dimungkinkan terjadi.

Ada kabar menggembirakan dari Korea terkait penyakit kardiovaskuler ini. Tim peneliti dari Universitas Wanita Ewha menemukan, ginseng merah yang terkenal memberikan khasiat terhadap vitalitas tubuh, kini bisa sebagai obat untuk meluruhkan pengerasan di nadi jantung. Penelitian itu melibatkan 20 pasien yang mempunyai pengerasan nadi di jantungnya. Dengan memberikan mereka dosis 2,7 gram bubuk ginseng merah selama 10 minggu setiap harinya, ternyata mampu mengembalikan fungsi sel pada arteri dan mengatasi kekakuan arteri.

“Zat ginsenosida dalam ginseng meningkatkan fungsi dan bekerja efektif sebagai antioksidan untuk mengatasi penyakit pengerasan nadi jantung,” kata peneliti seperti dikutip KBS World.

Aterosklerosis atau pengerasan nadi dapat merusakan organ yang membutuhkan darah secara kontinyu. Sumbatan pada nadi juga menyebabkan aliran darah ke jantung dan otak terhambat. Tersumbatnya nadi juga dipengaruhi oleh aktivitas merokok, kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes. Malas berolahraga dan makanan tidak sehat akan memperburuk itu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda