Scroll to Top

Buku Cetak Masih Lebih Baik Untuk Anak-Anak

By Ivan Azzam / Published on Monday, 21 Nov 2011

Zaman sekarang, e-book semakin populer penggunaannya, dan mudah didapat tentunya oleh siapapun. Hal ini dirasakan dapat mengancam keberadaan buku cetak/fisik, tapi ternyata, masih ada yang membutuhkan buku cetak, dan itu adalah anak kecil atau balita. Orangtua di AS merasa anak-anak mereka pada masa awal pertumbuhannya masih perlu membaca buku, buku cetak, bukan elektronik.

Kid reading book

Hal ini menjadi unik, karena sekarang ini, para orangtua tersebut adalah penggemar dari e-book itu sendiri, alasannya mereka menginginkan anak-anak saat balita membaca buku fisik agar mereka bisa belajar mengenai bentuk, warna, serta membalik halaman buku.

Selain itu, para orangtua ternyata suka membacakan buku untuk anaknya sebelum tidur, dan merasa alat canggih semacam e-book reader untuk anak kecil masih belum pantas, dan alasan lainnya adalah, buku cetak jauh lebih mudah dibersihkan dibanding e-book reader.

Junko Yokota, seorang profesor dari National Louis University di Chicago mengatakan:

Ukuran dan bentuk buku cetak menjadi bagian pengalaman emosional dan intelektual anak, ada banyak hal yang tak bisa dirasakan dari buku elektronik.

Memang benar ada banyak aplikasi yang bisa membuat anak belajar membaca atau memudahkan anak membaca dim e-book namun dipercaya, anak akan mudah dan lebih cepat membaca dari buku cetak. (via NYTimes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda