Scroll to Top

Jangan Sembarangan Beri Uang Tip

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 Nov 2011

Sewaktu mengunjungi suatu tempat, kadang kita terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan oleh tempat tersebut. Sehingga, kita pun rela merogoh tambahan uang untuk diberikan sebagai tip  untuk mengungkapkan rasa “terima kasih”. Hotel dan restoran adalah beberapa tempat yang sering menerapkan tip.uang tip

Namun, memberikan tip juga harus pakai etika. Tidak setiap orang berkenan diberikan “uang lelah” tambahan. Bisa jadi, dia berprinsip bahwa kepuasan konsumen jauh lebih mengena di hati hatinya dibanding dengan uang tip.  Atau, bisa jadi Anda memberikan tip pada saat yang kurang tepat.

Sebagian hotel ada yang memberlakukan larangan memberikan tip kepada karyawannya. Jika aturan ini ada, sebaiknya Anda hormati. Saat karyawan Anda bebani dengan banyak pekerjaan, memberikan tip itu sangat wajar. Apalagi, jika Anda ingin ada perlakuan spesial selama menginap. Namun, tahan diri jika ada larangan dari manajemen hotel.

Selain itu, lihatlah situasi yang tepat kalau ingin memberi tip. Jangan sampai tip yang Anda sodorkan justru menyinggung orang yang Anda beri. Pastikan Anda juga berada dalam situasi bahwa memberikan tip bukanlah sebuah bentuk suap. ini bisa menjaga harga diri Anda dan orang yang dimintai bantuan.

Saat menyodorkan tip, pastikan memberikan uang yang sepantasnya. Hindari peristiwa sampai Anda harus meminta kembalian dari tip yang Anda berikan. Jika tidak ada uang kecil, sebaiknya urungkan memberi tip. Cukup memalukan kalau sampai Anda menunggu uang kembalian dari orang yang telah membantu Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan uang kecil terlebih dahulu.

Terakhir, pada sebagian restoran ada yang memisahkan antara biaya pelayanan atau tip, dengan harga menu makanan. Besaran tip biasanya sebesar 15 persen dari tagihan. Oleh karena itu, amati dahulu apakah yang Anda bayar sudah termasuk biaya pelayanan atau tidak, sebelum memutuskan memberi tip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda