Scroll to Top

Kazuyoshi Miura: Pemain Pertama Jepang di Serie A dan Pemain Tertua di Liga Jepang

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 14 Jun 2011

Banyak orang yang melupakan sosok Kazuyoshi Miura. Ya, nama striker Jepang pada era 1990-an ini tenggelam di antara nama-nama pemain Jepang generasi berikutnya. Misalnya, Hidetoshi Nakata, Shunsuke Nakamura, Makoto Hasebe, Uchiha Atsuto, Yuto Nagatomo, hingga yang paling muda, Shinji Kagawa. Namun, bagaimana pun Kazu senantiasa mencatatkan rekor untuk Jepang.

Kala pemain-pemain Jepang pada masanya hanya bisa bermimpi untuk bermain di Serie-A, Kazu terlebih dahulu mendapatkan mimpi tersebut.

Awalnya, Kazu memulai karier di Brazil, tidak di Liga Jepang seperti kebanyakan pemain Negeri Sakura. Kazu berpindah-pindah klub di tanah pusat sepakbola itu. Ia pernah memperkuat Santos, Palmeiras, Matsubara, CRB, XV de Jaú, dan Coritiba.

Berkat statusnya sebagai pemain Liga Brazil, ketika kembali ke Jepang, Kazu menjadi salah satu pemain bintang. Ia pun dipanggil ke timnas sejak 1990 hingga 2000. Dalam kurun waktu itu, Kazu bermain 89 kali dan mencetak 55 gol. Sayang, prestasi mengilap Miura tidak membuatnya mampu tampil di Piala Dunia 1998, piala dunia pertama bagi Samurai Biru.

Pada 1994—1995, Kazu bergabung ke Genoa. Namanya jelas begitu meroket. Tidak hanya warga Jepang ada pemain sepakbolanya yang bermain di salah satu liga terbaik dunia, tetapi juga media dunia. Perkembangan Kazu tidak lepas dari sorotan. Sayangnya, Kazu gagal di musim pertama dan terakhirnya di Italia. Dari 21 penampilan, ia hanya menyarangkan 1 gol. Alhasil, Kazu mesti kembali ke Jepang untuk memulai kariernya yang “berantakan”.

Saat ini, di usianya yang 44 tahun, King Kazu masih bermain sepakbola. Ya, ia menikmati masa-masa tuanya di Yokohama FC. Dengan umur yang sebenarnya sudah menyiratkan tanda-tanda pensiun, Kazu menjadi pemain tertua di Liga Jepang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda