Scroll to Top

Kematian Terkait AIDS Menurun 21%

By C Novita / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

aids korbanMenurut UNAids, tingkat kematian terkait AIDS menurun 21% dari angka puncak tertingginya yang terjadi tahun 2005 lalu. Penurunan tersebut terjadi karena akses pengobatan AIDS yang makin mudah dijangkau.

Michel Sidibe, Direktur eksekutif UNAids berkata, “Kami telah masuk dalam sebuah terobosan yang signifikan”. Dia menambahkan, “Bahkan dalam krisis keuangan yang sangat sulit, negara memberikan respon positif pada masalah AIDS.

“Kami melihat ada peningkatan skala besar dalam akses pengobatan HIV yang telah memberikan efek dramatis pada kehidupan orang di mana pun.”

Analisis terbaru mengatakan jumlah orang yang terinfeksi HIV telah mencapai rekor 34 juta. Sub-Sahara Afrika telah melihat peningkatan yang paling dramatis, dengan kenaikan 20% pada pasien yang menjalani perawatan antara tahun 2009 dan 2010.

Setengah dari penderita yang memenuhi syarat telah mendapatkan pengobatan. UNAids memperkirakan lebih dari 700.000 kematian telah dihindari tahun lalu karena akses pengobatan yang lebih baik .

Penurunan tersebut juga membantu mengurangi infeksi HIV baru, sebab orang-orang menjalani perawatan kecil kemungkinannya untuk menulari orang lain.

Pada tahun 2010 terjadi rata-rata 2.7 juta orang tertular HIV baru, turun dari rata-rata 3.2 juta orang pada tahun 1997, dan 1,8 juta orang meninggal akibat AIDS-, turun dari 2,2  juta pada tahun 2005.

Di Namibia, akses pengobatan telah mencapai 90% dan penggunaan kondom naik menjadi 75%, mengakibatkan penurunan 60% infeksi baru pada tahun 2010.

UNAids mengatakan, dampak pencegahan dan pengobatan yang dilakukan saat ini mungkin bisa dilihat dalam lima tahun mendatang. Laporannya menambahkan bahwa epidemi AIDS bisa dihilangkan: “Jika negara-negara yang memiliki jumlah penderita tinggi berinvestasi dengan cerdas.”

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda