Scroll to Top

Michigan Micro Mote, Komputer Mini Sebesar Kacang Polong Bertenaga Cahaya

By Ilham Choirul / Published on Monday, 13 Apr 2015

michigan micro mote

Google boleh saja membuat inovasi dengan membuat piranti PC versi kompak dengan bentuk dongle USB bernama Chromebase. Namun untuk piranti PC yang berukuran biji kacang berhasil dikembangkan oleh Profesor David Blaaw dari Universitas Teknologi Michigan. Komputer mini tersebut diberi julukan Michigan Micro Mote.

Dikutip dari Okezone, David membuatnya dengan tim kecil bersama yaitu lima mahasiswa jurusan teknik. Usaha mereka berhasil membuahkan komputer sangat kecil seukuran kacang polong. Dalam mengembangkan piranti ini, Blaauw turut mempertimbangkan pemakaian baterai yang diterapkan pada temuannya itu. Dan, tenaga pengisi baterai didapatkan melalui sinar atau cahaya yang diterima dari seitarnya.

Penggunaan baterai pada komputer ini memakai penggunaan daya hanya 500 pico watt. Dengan hanya mengandalkan cahaya sudah cukup untuk membuatnya beroperasi. Para ilmuwan membekali komputer tersebut dengan prosesor Phoenix sebagai pengolah sistem komputasi.

Cara kerja sedehana dari komputer ini adalah mengubah cahaya menjadi energi, lalu dipakai untuk memroses data dan meneruskannya pada layar monitor melalui frekuensi radio tinggi. Selain itu piranti juga dapat dipakai untuk mengambil gambar, mendeskripsikan suhu, hingga merekam tekanan suhu. Peneliti mengatakan komputer mini tersebut cocok bagi ahli kesehatan hingga industri minyak,

Meskipun komputer bisa berfungsi, Blaauw masih memikirkan terkait penyambungan pada papan kunci (keyboard) dan mouse. Masih dipertimbangkan cara agar pelengkap komputer tersebut bisa terhubung pada mini PC Michigan Micro Mote.

Komentar Anda