Scroll to Top

Renault R31, Eksperimen yang gagal

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 22 Nov 2011

Lotus Renault GP R31 exhaust detail

Direktur teknik tim Renault, James Allison, mengakui bahwa mobil Renault R31 adalah hasil dari eksperimen yang gagal. Ia meyakini konsep forward exhaust yang telah mereka perkenalkan sejak tes awal musim lalu merupakan faktor utama timnya tidak mampu tampil kompetitif.

Setelah sukses memperkenalkan konsep exhaust blown diffuser yang sekarang menjadi andalan tim Red Bull, Renault kembali bereksperimen dengan mencoba menerapkan konsep gas buang kearah depan (forward exhaust) yang mulai diperkenalkan di awal tahun 2011.

Harapannya adalah konsep tersebut mampu meningkatkan daya tekan kebawah mobil (downforce). Namun, meski sempat memberikan penampilan yang menjanjikan pada tes awal hingga tiga seri awal musim 2011, penampilan Renault malah semakin menurun seiring berjalannya seri.

Allison pun menggaris bawahi konsep exhaust forward adalah suatu eksperimen yang gagal buat timnya. Renault adalah satu-satunya tim di Formula 1 yang menerapkan konsep tersebut.

“Saya menandai ini sebagai eksperimen yang gagal”, ujar Allison.  “Kami adalah satu-satunya tim yang mengadopsi konsep forward exhaust, dan kami melakukannya dengan harapan tinggi didukung oleh sejumlah windtunnel yang kuat”.

“Kami memulainya dengan baik, meskipun jelas sejak awal downforce yang dihasilkan tidak sebesar yang kami perkiraan.”

“Musim yang kemudian berjalan menjadi sulit bagi semua orang di Enstone. Kami menunggu untuk bergerak di 2012 dengan peraturan gas buang yang baru dan kesempatan untuk perbaikan.”

Musim yang berat memang sedang dialami Renault di tahun 2011 ini. Selain kehilangan Robert Kubica yang harus absen akibat cedera, beberapa masalah kepada pembalap-pembalap mereka pun tidak jarang terjadi. Ditambah lagi penampilan yang tidak kunjung kompetitif membuat lengkap penderitaan yang dialami oleh Renault.

Video Forward Exhaust Renault-Show Off

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda