Scroll to Top

Mengapa Google Earth Tidak Ada Peta Israel

By Andhika / Published on Tuesday, 14 Jun 2011

Google Earth merupakan layanan yang umum digunakan untuk mengetahui sebuah wilayah di Bumi. Layanan dari Google ini dapat memperlihatkan rumah, mobil, gunung, jalan, gedung, danau, bahkan juga bayangan orang (tergantung resolusi). Bahkan kini, Google telah bisa memetakan bangunan dan infrastruktur dalam bentuk 3D dengan program pemodelan tambahan SketchUp.

Dengan Google Earth Pengguna bisa melihat seluruh wilayah di Bumi dengan jelas, kecuali Israel!.

Pada tahun 1997, Pihak Kongres mengesahkan sebuah UU yang disebut dengan National Defense Authorization Act atau UU Otorisasi Pertahanan Nasional. Salah satu butir dalam UU tersebut adalah “Larangan pengumpulan dan pelepasan citra satelit rinci yang berhubungan dengan Israel”. Pelarangan tersebut dikenal dengan Amandemen Kyl-Bingaman, amandemen ini yang menjadi dasar mengapa Google Earth hingga saat ini tidak menampilkan peta Israel seperti di wilayah lain.

Dikutip dari sebuah sumber, pihak Google sempat memberi penjelasan soal ini, “Gambar-gambar di Google Earth berasal dari berbagai sumber, baik yang komersial maupun yang umum”. Citra satelit kami bersumber pada perusahaan-perusahaan yang berbasis di Amerika dimana harus tunduk pada hukum yang berlaku di Amerika, termasuk Kyl-Bingaman Amandment. Hal ini membatasi citra resolusi dari Israel yang dapat kami tampilkan”.

Lebih lanjut dikatakan hal tersebut tidak berlaku untuk Israel saja tetapi juga wilayah dudukannya seperti Jalur Gaza.

Namun, sumber tersebut juga menambahkan bahwa semuanya mungkin akan berakhir pada tahun 2013. Dimana Turki saat ini sedang mengembangkan satelitnya ‘Gokturk‘ yang akan menampilkan Israel dalam resolusi citra yang tinggi. Gokturk akan mulai operasional pada tahun 2013.

Mengenai hal tersebut, seorang pejabat Israel pernah berkomentar yang dikutip oleh media Al-Arabiya, “Kami mencoba memastikan bahwa kami tidak difoto dalam resolusi tinggi dan sebagian besar negara mengakomodasi keinginan kami. Apakah kami juga harus meminta ini kepada Turki? ,Kami tidak akan meminta kepada Turki. Tidak ada seseorang yang bisa diajak bicara”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda