Scroll to Top

4 Cara Memanfaatkan Asam Jawa untuk Merawat Kecantikan

By C Novita / Published on Friday, 17 Apr 2015

asamjawa

Asam jawa adalah salah satu bahan terbaik untuk merawat wajah, dengan harga murah namun manfaatnya segudang. Menggunakan buah dari pohon asam ini sudah pula dilakukan oleh masyarakat India, dengan hasil yang cukup memuaskan.

Akan tetapi bagi pemilik kulit sensitif, menggunakan asam Jawa tak disarankan karena kadar asam yang tinggi. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mencoba di kulit belakang telinga terlebih dahulu untuk melihat reaksinya.

Lantas apa saja manfaat menggunakan asam jawa untuk merawat kecantikan kulit? Laman Boldsky menuliskannya untuk Anda:

  • Pemutih/mencerahkan kulit

Memutihkan kulit juga salah satu kegunaan yang utama dari asam jawa. Anda bisa menambahkan beberapa sendok air pada satu butir asam jawa yang matang, lalu ambil airnya dan gunakan seperti masker. Setelah 5 menit, bilas hingga bersih. Gunakan minyak zaitun setelahnya agar kulit jadi lembab dan kenyal.

  • Membersihkan kulit

Tambahkan air pada sepotong asam jawa, dan gunakan air tersebut untuk mencuci wajah. Anda bisa lakukan ini sepulang dari bepergian atau beraktiftas untuk menyegarkan kembali wajah Anda.

  • Masker

Gunakan asam jawa untuk masker sepekan dua kali. Caranya mudah, cukup tambahkan susu segar dengan sepotong asam jawa hingga menjadi seperti pasta, lalu pakai seperti masker biasanya. Diamkan 5 menit sebelum dibilas hingga bersih.

  • Toner

Toner atau pencerah wajah juga bisa dibuat dari asam jawa. Tinggal campurkan air mawar dengan sepotong asam jawa, dan wallah… jadilah toner yang mampu membuat wajah cerah.

Selain itu bisa juga bumbu dapur ini diolah menjadi scrub, atau untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Selamat mencoba.

Komentar Anda