Scroll to Top

Mendidik Jose Mourinho Adalah Prestasi Terbesar Louis van Gaal

By Wan Faizal / Published on Saturday, 18 Apr 2015

Mou-VanGaal

Eks pemain Manchester United, Gary Neville, meyakini bahwa prestasi terbesar Louis van Gaal di sepakbola adalah mencetak seorang Jose Mourinho menjadi manajer hebat. Sudah bukan rahasia lagi memang jika keduanya pernah bekerjasama di Barcelona dimana saat itu Van Gaal menjadi bos Mourinho.

Tepatnya pada tahun 1997 silam ketika Van Gaal menjadi pelatih Barcelona dan Mourinho berstatuskan sebagai asistennya. Kombinasi dari keduanya membawa Barca meraih gelar juara Liga Spanyol di dua musim pertamanya disana.

Mourinho tentu saja mengambil banyak pelajaran dari bagaimana cara melatih Van Gaal, mengatur taktik, serta detail lain yang dipakainya hingga sekarang. Kini, seorang Mourinho sudah meraih gelar juara di Liga Portugal (FC Porto), Liga Inggris (Chelsea), Liga Italia (Inter Milan), dan Liga Spanyol (Real Madrid) serta dua kali meraih trofi Liga Champions bersama Porto dan Inter.

Mou-Van Gaal

Keduanya akan kembali berhadapan nanti malam di Stamford Bridge. Neville pun tertarik untuk menguak strategi yang akan dipakai keduanya di pertandingan nanti.

“Bagi Mourinho, saya pikir ia akan menempatkan John Obi Mikel atau Kurt Zouma di gelandang bersama dengan Nemanja Matic untuk mengatasi Marouane Fellaini. Jika itu benar terjadi, maka masalahnya adalah bagaimana cara Chelsea bisa mengatur irama permainan tanpa Cesc Fabregas yang dipasang lebih ke depan dan juga mereka sudah kehilangan Diego Costa.

“Saya bisa melihat bahwa United akan memenangi penguasaan bola jika Mourinho memakai strategi itu. Van Gaal tidak hanya akan datang untuk menang, tapi juga menguasai permainan.”

Komentar Anda