Scroll to Top

Aqua, Hatchback Keluarga Baru Toyota Prius

By Aditya Mahadika / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

Toyota Motor Corporation akhirnya buka mulut soal rencana kehadiran mobil hybrid Toyota Prius versi hatchback mungil. Awal pekan lalu Toyota resmi memperkenalkan mobil itu. Bahkan, produsen mobil terbesar di dunia itu menegaskan akan meluncurkannya di gelaran Tokyo Motor Show 2011 yang berlangsung 2–11 Desember mendatang.

“Mobil yang di Jepang dinamai Aqua dan Prius C di pasar global itu mulai dipasarkan di Jepang pada Desember dan awal 2012 di pasar dunia,” demikian bunyi pernyataan Toyota seperti dilansir carandsuv.com, Senin, 21 November 2011.

Hatchback lima pintu tersebut akan menjadi anggota keluarga baru di klan Toyota Prius. Mobil itu akan menjadi varian terkecil d antara varian yang ada.

Sayangnya, Toyota masih belum banyak merilis rincian spesifikasi mobil itu. Pabrikan itu hanya menyebut, Aqua mengusung mesin bensin 1.500 cc yang dikawinkan dengan sebuah motor listrik.

Mesin konvensional itu diklaim mampu menyeburkan tenaga hingga 55kW pada 4.800 rpm dan torsi 111 Newton meter (Nm). Adapun motor listriknya disebut menghasilkan tenaga hingga 45 kW dan torsi 169Nm. “Sehingga total tenaga hatchback itu mencapai 100 kW dan torsinya mencapai 280 Nm,” bunyi pernyataan tersebut.

Daya tarik yang ditawarkan mobil itu adalah keiritannya dalam mengkonsumsi bahan bakar (BBM). Toyota mengaku, hasil pengujiannya menunjukkan konsumsi BBM mobil itu hanya 4,7 liter untuk jarak 100 kilometer atau 1: 21,28 kilometer di jalan kota yang macet.

Selain itu, mobil mungil hybrid itu juga akan dilengkapi koneksi bluetooth dengan handsfree, perangkat kontrol audio yang diletakkan pada lingkar kemudi, serta sembilan airbag. Bahkan, Toyota menjanjikan akan memasang perangkat multimedia paling anyar hasil kreasinya, yaitu Entune, di mobil tersebut.

Sebelumnya, Nikkei dan Reuters menulis, mobil hybrid bernama Aqua itu akan menjadi mobil paling irit sejagat. Konsumsi BBM di jalanan bebas hambatan bisa mencapai seliter untuk jarak 30–40 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda