Scroll to Top

Bawang Putih Mampu Cegah Kerusakan Jantung

By Ika / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang tampaknya memang hampir tak bisa lepas dari masakan apapun. Namun rupanya bawang putih tidak hanya berguna sebagai bumbu dan membuat masakan terasa nikmat, ada manfaat lain dari bawang putih yang patut untuk Anda ketahui.

Bawang Putih

Para ilmuwan dari Amerika Serikat mencoba mengaitkan hubungan antara diallyl trisulfide (zat yang terkandung dalam minyak bawang putih) dengan resiko penyakit jantung. Untuk mengetahui hasilnya, penelitian tersebut diujicobakan pada hewan pengerat.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa zat diallyl trisulfide berhasil mengurangi kerusakan jaringan jantung hingga hampir dua pertiganya. Hal ini dikarenakan diallyl trisulfide melepaskan hydrogen sulphide, di mana zat ini sudah diketahui dapat melindungi jaringan jantung. Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, zat yang terkandung dalam bawang putih tersebut dapat mengurangi proporsi jantung yang rusak hingga 61%. Hal inipun diperkirakan dapat mengurangi resiko serangan jantung yang bisa membunuh manusia dalam waktu singkat.

Berdasarkan penelitian itu, para ilmuwan dari Emory University School of Medicine mulai merekomendasikan minyak bawang putih yang mengandung diallyl trisulfide sebagai cara untuk mendapatkan hydrogen sulphide. Penemuan yang dipresentasikan dalam American Heart Association’s Scientific Sessions di Florida itu tentu saja sangat berguna dalam dunia kesehatan. Bahkan menurut para peneliti, diallyl trisulfide juga mampu mengurangi pembesaran jantung yang disebabkan oleh gagal jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda