Scroll to Top

PSSI Siap Memberi Sanksi Peserta Liga Ilegal, Klub Tak Gentar

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

PSSI tidak akan mengurus klub-klub yang tidak mau diurus. Kalau tidak mau diurus, silakan saja. Tapi, kami tidak tinggal diam dan siap menyiapkan sanksi.”

PSSIDemikianlah pernyataan Djohar Arifin Husin, ketua umum PSSI menanggapi keberanian klub-klub Liga Prima Indonesia menyeberang ke Indonesian Super League.

Wajar jika Djohar berkata demikian. Dari sudut pandangnya yang berkeyakinan PSSI telah siap menggelar liga resmi, klub-klub tersebut ibarat berkhianat.

Bayangkan, dari 17 klub yang awalnya diklaim akan mengikuti kompetisi resmi, hanya  tersisa 11 klub. Itu pun, klub-klub “bau kencur” yang kebanyakan kurang memiliki jam terbang berlaga di level tertinggi.

Persib dan Persipura, dua tim yang diprediksi akan “mengharumkan” Indonesian Premier League, berubah di saat-saat terakhir. Mereka memilih Indonesian Super League yang akan bergulir sejak 1 Desember mendatang.

Selain berjanji akan mengirimkan sanksi tegas, Djohar juga mengultimatum bahwa 23 November 2011 adalah batas akhir pemberitahuan 17 klub yang sudah dibuatkan jadwalnya oleh PT LPIS. Jika tidak ada pemberitahuan dari masing-masing klub, PSSI siap meninggalkan mereka.

Djohar juga berkeyakinan, ISL yang merupakan liga liar tidak akan mendapatkan izin menggelar pertandingan. Hal ini bisa dilihat dari surat pemberitahuan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) pada 7 November 2011 lalu.

Dalam surat ini, BOPI menegaskan bahwa penyelenggara kompetisi sepakbola yang resmi adalah PT LPIS yang menggelar IPL, bukan PT LI yang menyelenggarakan ISL.

Sementara itu, klub-klub yang bernaung di ISL, tak gentar dengan ancaman ini. Setidaknya, Persisam seperti yang dilansir oleh INILAH.COM.

Menurut manajer Persisam, Tommy Erwanto, “Memang sudah ada ancaman (kami akan terkena) sanksi dari PSSI. Tapi, kami merasa keputusan ini benar. Jadi, kami tidak takut.”

Menarik untuk ditunggu. Kebenaran siapa yang menang kali ini.

One thought on “PSSI Siap Memberi Sanksi Peserta Liga Ilegal, Klub Tak Gentar”

  1. PSSI DI lecehkan oleh klub klub peserta liga indonesia ..PSSI ngak ada wibawanya ..PSSI buta matanya tuli telinganya Seharusnya Format liga indonesia diteruskan dengan wadah LSI bukan diganti denagan liga yang ngak jelas juntrunganya ..PSSI membuat kebijakan tapi kebijakan yang kurang populer..maju terus LSI…JIKA pssi NGEYEL BANDING ke AFC dan FIFA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda