Scroll to Top

Banyak Makan Buah Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

By Ika / Published on Thursday, 24 Nov 2011

Buah-buahanSebagai laki-laki, memiliki kualitas sperma bisa menjadi hal yang sangat utama. Banyak cara untuk menjaga atau meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi daging merah, kopi, dan juga alkohol.

Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menurunkan kualitas sperma (baca salah satu beritanya di sini). Kali ini ilmuwan mencoba melakukan penelitian lagi terkait kualitas sperma dan gaya hidup (termasuk jenis makanan apa saja yang baik untuk sperma).

Penelitian yang dipimpin oleh Edson Borges ini melibatkan sekitar 250 pria di Brasil dan dilakukan dengan cara survey. Setiap peserta diberi pertanyaan tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, atau biji-bijian. Mereka juga ditanya apakah mereka sering memakan daging, ikan, atau mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Setelah survey dilakukan, para peserta pun menjalani tes untuk mengetahui kualitas sperma mereka. Kualitas sperma yang dimaksud adalah konsentrasi dan juga kecepatan gerak sperma saat membuahi sel telur.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi makanan berserat (buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian) memiliki kualitas sperma yang lebih bagus daripada mereka yang gemar mengkonsumsi daging. Dan para partisipan yang suka minum alkohol dan merokok diketahui memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dari partisipan lainnya.

“Konsumsi alkohol dapat berdampak negatif bagi sperma. Sebaliknya, makanan berserat dapat berpengaruh baik bagi sperma,” kata Borges Edson sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Dari penelitian ini para ilmuwan pun menyarankan agar pria lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti buah-buah, sayur, maupun biji-bijian seperti gandum untuk meningkatkan kualitas sperma mereka. Peneliti juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging. Dengan menurunkan konsumsi daging, diduga dapat meningkatkan kualitas sperma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda