Scroll to Top

Sepeda Motor Injeksi Tidak Perlu Sering Dilakukan Pemanasan Mesin

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 29 Apr 2015

starter motor matik

Memanaskan sepeda motor adalah kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar pemiliknya sebelum menggunakannya untuk beraktivitas. Terutama motor dengan karburator, memanaskan mesin diperlukan agar terjadi pelumasan yang merata dan siap dipakai. Hanya saja cara ini tidak dianjurkan menjadi kebiasaan untuk jenis motor injeksi.

Motor yang dibekali teknologi injekasi dirancang lebih baik dari motor dengan karburator. Bahan bakar mesin pada injeksi telah diatur dengan Engine Controle Module (ECM). Selain itu tidak perlu menarik tuas gas sewaktu dipanaskan. Kalau pun ingin memanaskan cukup ambil waktu sebentar saja dan tidak perlu lama-lama.

”Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia,” kata Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), seperti dikutip Kompas Otomotif.

Sarwono menambahkan, motor injeksi bisa langsung dipakai sekalipun tidak dilakukan pemanasan lebih dahulu. Bahkan, kondisi mesin “brebet: seperti halnya pada motor karburator sangat jarang dialami oleh motor-motor injeksi.

Selain itu tuas choke yang biasa ditemukan pada motor karburator untuk membantu menghidupkan mesin, kini tidak ada lagi pada motor injeksi. Ini bukti bahwa kebutuhan bahan bakar pada motor injeksi sudah dirancang dengan lebih maju. Sensornya secara otomatis mendeteksi suhu mesin sehingga gampang dihidupkan.

Komentar Anda