Scroll to Top

1500 Laga Real Madrid Digelar di Santiago Bernabeu Sejak Desember 1947

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

Pertandingan melawan Dinamo Zagreb pagi tadi yang dimenangi Real Madrid dengan skor telak 6-2, ternyata menjadi kado tersendiri bagi Santiago Bernabeu. Ya, stadion pengubur lawan-lawan Los Blancos itu resmi telah menjadi saksi 1500 pertandingan Real Madrid.

Santiago Bernabeu 1

Sejarah Real Madrid di stadion ini berawal pada pertengahan 1940-an. Tepatnya, pada 22 Juni 1944. Kala itu, proposal kredit Santiago Bernabeu Yeste, Presiden Real Madrid saat itu, dikabulkan oleh Banco Mercantil e Industrial.

Santiago Bernabeu, pria yang kelak sukses menanamkan nama Real Madrid dalam sejarah Eropa, berencana untuk membangun stadion baru.

Maklum, saat itu Estadio Chamartin, kandang Real Madrid, dianggap terlalu kecil untuk tim sekelas Los Blancos. Santiago Bernabeu bahkan berencana akan membentuk stadion terbesar di Eropa.

Setelah pengerjaan yang memakan waktu 3 tahun, akhirnya stadion baru bernama Nuevo Estadio Camartin siap untuk menampung Los Blancos.

Santiago Bernabeu 2

Maka, digelarkan partai perdana di stadion ini, yaitu antara Real Madrid menghadapi Os Belenenses, klub Portugal, pada 14 Desember 1947. Pertandingan persahabatan ini dimenangkan Real Madrid dengan skor 3-1.

Saat itu, kapasitas Nuevo Estadio Chamartin baru mampu menampung sekitar 75145 penonton. Kapasitas ini akan meningkat hingga saat ini mencapai 81254 kursi.

Selang 14 hari, pertandingan resmi digelar di stadion ini. Pada 28 Desember 1947, Madrid menjamu Athletic Bilbao. Dalam laga ini, Los Blancos memuaskan para penonton dengan kemenangan mencolok 5-1.

Nama Santiago Bernabeu sendiri baru diabadikan pada 4 January 1955. Dewan Tertinggi Real Madrid sepakat untuk menggunakan nama sang presiden sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya kepada Los Blancos selama ini.

Hingga saat ini, total Real Madrid sudah bermain 1500 kali di Santiago Bernabeu. Rinciannya, 1089 pertandingan liga, 178 laga Copa del Rey, 209 pertandingan tingkat Eropa, 11 kali Piala Super Spanyol, dan 13 pertandingan resmi lain.

Musim ini, Santiago Bernabeu pun sangat mengerikan untuk lawan. Tercatat, cuma Barcelona yang bisa pulang dengan satu angka dari kandang Real Madrid ini. Selebihnya, dalam 8 laga lain, 3 poin selalu didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda