Scroll to Top

Formula 1 GP Brazil : Preview Autodromo Jose Carlos Pace Interlagos

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

Sirkuit Interlagos Scene

Seri terakhir Formula 1 musim 2011 akan berlangsung di Brazil, tepatnya di Autodromo Jose Carlos Pace Interlagos atau yang lebih dikenal dengan nama Interlagos, Minggu, 27 November.

Juara Dunia telah ditentukan, tempat kedua nyaris dipastikan, tidak banyak yang dapat kita nantikan pada seri terakhir ini selain aksi-aksi pembalap kelas dunia yang kita harapkan tidak turut padam apabila melihat dari dua alasan yang telah disebutkan di atas.

Sirkuit Interlagos terletak tidak jauh dari pusat kota di Sao Paulo. Sirkuit ini resmi berdiri pada tahun 1940. Awalnya pada lokasi sirkuit ini berdiri akan dibangun sebuah perumahan. Namun karena salah satu bagian dari daerah tersebut kurang cocok untuk perumahan maka pengembang memutuskan untuk membangun sebuah Sirkuit.

Interlagos pertama kali menggelar balapan formula 1 pada tahun 1972. Nama Jose Carlos Pace sendiri diambil dari nama seorang pembalap Brazil yang berhasil memenangkan lomba pertama dan terakhirnya di sirkuit tersebut pada tahun 1975.

Memiliki panjang awal 7,8 km, pada tahun 1990 sirkuit ini dipendekan menjadi 4,3 km dengan alasan keamanan. Interlagos sendiri dianggap oleh beberapa pembalap memiliki karakteristik yang menyenangkan.

Sirkuit ini tidak dibangun di tanah yang datar akan tapi bergelombang. Interlagos juga dikenal sebagai sirkuit yang cepat namun berbahaya terutama saat hujan turun. Interlagos merupakan salah satu sirkuit non-oval yang menerapkan arah balap berkebalikan jarum jam selain Singapura, Yas Marina, dan Korea dalam kalender balap Formula 1 2011.

Circuit InterlagosProfil Sirkuit

  • Nama : Autodromo Jose Carlos Pace Interlagos
  • Panjang : 4.3 km
  • Jumlah Tikungan : 15
  • Perkiraan Jumlah Putaran : 71 putaran
  • Rekor Putaran : 1:11.474 – J P Montoya (2004)
  • Juara 2010 : Sebastian Vettel

Jadwal Balap

  • Jumat, 25 November  :Latihan Bebas 1 (19.00 WIB), Latihan Bebas 2 (23.00WIB)
  • Sabtu, 26 November  : Latihan Bebas3 (20.00 WIB), Kualifikasi (23.00 WIB)
  • Minggu, 27 November  : Balapan (23.00 WIB)
Preview Sebastian Vettel – Interlagos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda