Scroll to Top

Tari Saman Berpeluang Masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda Versi UNESCO

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 23 Nov 2011

tari samanBudaya dari Aceh, yaitu Tari Saman, hari ini (22/11) sampai tujuh hari ke depan, akan digodok dalam pertemuan yang dilakukan UNESCO di Bali, untuk menentukan apakah tari tersebut layak menjadi warisan budaya tak benda versi salah satu lembaga PBB itu. Tari Saman telah diusulkan sejak 2010 lalu.

Ada 80 usulan budaya yang masuk ke daftar warisan budaya tak benda UNESCO. Dari total itu, ada 23 budaya yang dikategorikan “memerlukan pelestarian mendesak”. Kategori ini dimunculkan karena dikhawatirkan jika tidak ada pelestarian maka hanya akan “tinggal nama” ke depannya.

Dalam daftar warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO, Indonesia telah meloloskan wayang, keris, batik, dan angklung. Total budaya yang diakui saat ini ada 125 macam. Sementara itu, dalam seleksi kali ini, Tari Saman akan berhadapan dengan berbagai budaya yang tidak kalah uniknya. Seperti pembuatan perahu tradisional di Iran atau dongeng Cina bagian barat laut.

Seluruh budaya yang masuk dalam warisan budaya tak benda di UNESCO, harus mampu dilestarikan ke depannya. Menetapkan daftar ini bukan berarti hanya sekadar memperkuat objek yang dinilai sebagai potensi wisata semata. Namun, lebih dari itu, budaya tersebut tetap harus berjalan sebagaimana generasi sebelumnya melakukannya. Kalau tidak ada upaya pelestarian, bisa jadi budaya tersebut akan dicoret kembali oleh UNESCO.

“Penetapan warisan tak benda bukan berarti menciptakan atraksi wisata tetapi bertujuan memastikan tradisi-tradisi akan terus dilestarikan sebagaimana dilakukan oleh generasi-generasi sebelumnya,” kata Cecille Duvel, pejabat yang membawahi unit warisan tak benda, seperti dikutip BBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda