Scroll to Top

Agar tak Keras, Ini Cara Mudah Masak Beras Merah

By C Novita / Published on Wednesday, 06 May 2015

beras merah

Beras merah memiliki kandungan mineral, vitamin, rendah gula dan kaya serat yang baik sekali untuk kesehatan. Dibanding beras putih, jelas bahwa beras merah merupakan pilihan sehat yang mampu menghindarkan Anda dari beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Namun untuk memasak beras merah, ternyata tak semudah seperti Anda memasak beras putih. Kadang nasi beras merah malah keras, sulit dikunyah, dan rasanya kurang enak.

Untuk mengolahnya jadi beras yang enak dan pulen serta tak keras dikunyah, ada beberapa cara tersendiri yang perlu Anda lakukan. Simak berikut ini cara mudah mengolah beras merah:

Siapkan beras merah, lalu cuci bersih seperti mencuci beras biasa

Jangan gunakan rice cooker untuk memasak beras merah, sebaiknya gunakan cara mengukus. Mengapa, sebab teksturnya memang lebih keras dibanding nasi putih.

Rendam beras merah di panci sebelum dimasak. 30 menit cukup untuk membuatnya lebih mudah dimasak. Gunakan air dengan komposisi, 1 gelas beras memakai 4 gelas air.

Rebus beras merah di panci, aduk sebentar jika sudah mendidih. Jangan lupa menutup panci. Jika air sudah susut, matikan api.

Siapkan kukusan, kemudian kukus beras merah hingga matang. Anda bisa menambahkan daun pandan agar aroma nasi merah menjadi lebih wangi.

Beras merah siap dihidangkan jika telah matang. Untuk menambah rasa, anda dapat memberi sedikit garam di air rebusan beras merah.

Komentar Anda