Scroll to Top

Hati-Hati, Lawan Bicara Anda Mudah Bohong Saat Online

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 24 Nov 2011

Informasi dari seseorang yang Anda kenal lewat dunia maya jangan langsung dipercaya. Pertemanan dengan orang yang baru Anda kenal lewat online ternyata banyak terselip kebohongan saat berkomunikasi. Apalagi, Anda tidak bisa bertatap muka langsung untuk melihat reaksi wajah dan bahasa tubuhnya saat mengobrol.

bohong online

Kebohongan ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan Mattitiyahu Zimbler. Mahasiswa pascasarjana dan peneliti senior di University of Massachusetts-Amherst mendapati, banyak orang yang menjadi relawannya cenderung berkata bohong kepada lawan bicaranya  yang sebelumnya tidak pernah saling kenal.

Ada tiga cara komunikasi yang dipakai, yaitu email, sms, dan bertemu langsung. Masing-masing bentuk komunikasi itu diberi jatah 15 menit. Komunikasi itu direkam dan selanjutnya ditanyakan ke relawan,  bagian mana saja yang dia melakukan kebohongan.

Hasilnya, kebanyakan relawan berbohong saat bertukar pesan lewan email. Kebohongan selanjutnya ada pada komunikasi dengan sms. Sedangkan, saat berkomunikasi langsung, orang cenderung berkata lebih jujur. Berbicara via email mendorong orang berbohong lima kali lebih sering daripada bertatap muka langsung. Sedangkan, obrolan lewat sms memberikan peluang untuk bohong tiga kali lebih sering daripada obrolan langsung.

“Semakin jauh jarak antara seseorang yang berkomunikasi satu sama lain, secara fisik maupun psikologis, semakin besar kecenderungan mereka untuk berbohong,” kata Zimbler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda