Scroll to Top

Josep Guardiola: 27 Kemenangan Hanya dalam 45 Laga Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 24 Nov 2011

Josep Guardiola

Kemenangan Barcelona atas AC Milan 2-3 pagi ini mencatatkan rekor tersendiri bagi Josep Guardiola. Total, ia sudah mengoleksi 27 kemenangan dalam Liga Champions.

Artinya, Pep melampaui rekor Louis Van Gaal dalam urusan kemenangan di kompetisi paling prestisius di Eropa ini. Bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona, Van Gaal mencatat 26 kemenangan.

Bedanya, adalah waktu yang dibutuhkan kedua pelatih ini. Van Gaal membutuhkan 8 tahun untuk angka tersebut. Sementara, Pep cuma memakan waktu 3 tahun untuk menyalip Van Gaal.

Sejauh ini, hanya 5 tim yang bisa mengalahkan Barcelona. Mereka adalah Wisla Krakow, Shakhtar Donetsk, Rubin Kazan, Arsenal, dan Internazionale Milan.

Kekalahan pertama Pep terjadi pada 26 Agustus 2008. Kala itu, Barcelona melawat ke Polandia demi menghadapi tuan rumah Wisla Krakow dalam babak kualifikasi ketiga Liga Champions. Karena telah unggul 4-0 dalam leg pertama, El Barca tak terlalu pusing ketika penguasa Liga Polandia menekuk mereka 1-0.

Pada tahun yang sama, pasukan Pep kembali kalah. Kali ini oleh Shakhtar Donetsk. Di matchday 6 yang tak menentukan lagi, Barcelona takluk di kandang sendiri dengan skor 2-3.

Pep Guardiola

Musim 2009/2010, Barcelona kembali terjungkal di Camp Nou. Pelakunya adalah Rubin Kazan dengan skor 1-2. Kekalahan berikutnya datang pada semifinal. Melawan Internazionale di San Siro, pasukan Pep Guardiola yang kelelahan perjalanan darat, kalah 3-1.

Penderitaan terakhir datang di babak 16 besar musim lalu. Kala itu, Arsenal menghajar Azulgrana 2-1 dan sempat membuat publik Catalan cemas. Beruntung, kartu merah Robin Van Persie dan kecemerlangan Lionel Messi membawa Barcelona menang 3-1 di Camp Nou.

Lima kekalahan ini tak berpengaruh banyak bagi prestasi Barcelona era Pep di Liga Champions.

Tercatat, Guardiola mengukir 89% rekor tak terkalahkan. Rekor ini lebih baik daripada dua seniornya, Frank Rijkaard (85%) dan Louis Van Gaal (83%). Apalagi ditambah 2 trofi Liga Champions dalam tiga musim terakhir.

Musim ini, dengan lolos mulus ke babak 16 besar, bukan tidak mungkin Pep mengulang prestasi mengangkat trofi turnamen terbesar di Eropa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda