Scroll to Top

Red Bull Pertanyakan Peraturan Mengenai Diffuser

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 15 Jun 2011

Jelang balapan di Kanada minggu lalu, FIA mengumumkan peraturan baru mengenai pelarangan penggunaan ‘Blown Diffuser‘. Peraturan tersebut akan segera diberlakukan pada Balapan di Inggris bulan depan. Berbagai reaksi terhadap peraturan ini pun bermunculan salah satunya dari tim papan atas Red Bull Racing.

Red Bull siap mempertanyakan maksud dari peraturan baru FIA tersebut. Tim ini dirasa sebagai tim yang paling dirugikan atas peraturan itu. Seperti yang sudah diketahui Red Bull adalah tim yang sukses mengembangkan teknologi ini. Dominasi Red Bull saat ini dipercaya banyak pihak dipengaruhi oleh pengembangan aerodinamika yang baik khususnya mengenai diffuser.

Prinsipal tim Red Bull Chris Horner menginginkan kejelasan atas keluarnya peraturan baru tersebut oleh FIA. Pembahasan peraturan baru mengenai hal itu  rencananya akan dilakukan pada pertemuan Technical Working Group di London Kamis nanti. “Ada beberapa pertanyaan khusus yang akan kami tanyakan mengenai arahan teknis yang perlu diklarifikasi”, ujar Chris.

Peraturan mengenai penggunaan diffuser yang dikeluarkan oleh FIA didasari atas peraturan bahwa aksi seorang pembalap tidak boleh mendapat pengaruh dari aerodinamika mobilnya. Beberapa tim papan atas seperti Mclaren mengatakan bahwa peraturan ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap jalannya balapan. Mereka berpendapat pada akhirnya Red Bull akan tetap menjadi tim yang berpeluang besar menjadi juara musim ini.

Penerapan peraturan baru tersebut semula akan diberlakukan mulai GP Spanyol lalu. Namun atas pertimbangan biaya peraturan ini diundur dan akan jadwalkan ulang pada balapan di Inggris bulan depan. FIA mengatakan kebijakan mengenai peraturan ini akan diterapkan secara penuh pada musim 2012.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda