Scroll to Top

Pro Vercelli: Juara Serie-A Yang “Tinggal Nama”

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Jun 2011

Kalau diminta menyebutkan klub mana saja yang pernah menjuarai Serie-A, mungkin kita akan menyebutkan Juventus (juara 27 kali), Internazionale (juara 18 kali), dan AC Milan (juara 18 kali). Kalaupun ada yang lain, kita hanya menyebutkan AS Roma (juara 3 kali) atau Lazio dan Fiorentina (sama-sama juara 2 kali). Namun, kalau disodorkan nama U.S. Pro Vercelli, kita mungkin berkata, tim macam apa ini?

Nyatanya, Pro Vercelli pernah menguasai Serie-A dengan menjuarainya 7 kali. Mereka tercatat menjadi scudetto pada musim 1908, 1909, 1910–1911, 1911–1912, 1912–1913, 1920–1921, 1921–1922. Gelar ini sebenarnya bisa bertambah pada musim 1909-1910 jika Pro Vercelli tidak ngambek dan menurunkan pemain junior mereka sehingga juara Serie-A jatuh ke tangan Internazionale.

Pada masa akhir 1900-an hingga awal 1910-an, Pro Vercelli demikian berjaya. Mereka dijuluki I Leoni atau Si Singa karena keganasan tackle-tackle para pemain Pro Vercelli. Mereka juga seperti halnya Torino pada 1940-an, memasukkan 9 pemain ke skuad timnas Italia pada waktu-waktu tersebut.

Pada 1920-an, Pro Vercelli bahkan pernah berlaga dalam kompetisi empat tim terbaik dunia. Kala itu, Pro Vercelli dari Italia, Liverpool dari Inggris, dan dua klub Brazil, Botafogo dan Flamengo, berlaga dalam sistem grup untuk menentukan siapa “juara dunia antar klub sesungguhnya” (saat itu belum ada Piala Dunia Antar Klub atau Liga Champions untuk tingkat Eropa). Hebatnya, Pro Vercelli menjadi satu-satunya tim yang tidak bisa dikalahkan Liverpool (hasilnya seri).

Sayangnya, pada 1930-an Pro Vercelli mengalami kemunduran. Mereka terjerembab ke Serie-B dan tidak bisa bangkit kembali ke Serie-A. Bahkan, mereka pernah berada di liga terbawah, Serie-D.

Kini Pro Vercelli, berganti nama menjadi A.S. Pro Belvedere Vercelli. Mereka berjuang keras untuk lolos dari Serie C-2 dan menapaki sukses seperti yang didapatkan klub ini pada masa lalu.

Namun, barangkali seperti Bologna dan Genoa yang mantan juara Serie-A dan sekarang hanya menjadi klub mediocre, butuh waktu sangat lama untuk Pro Belvedere Vercelli mengulang masa emasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda