Scroll to Top

Dara Puspita, Tumbang di Puncak Gemilang

By Aditya / Published on Thursday, 24 Nov 2011

Inilah band perempuan anak negeri yang disebut-sebut sebagai band cewek tersukses dalam sejarah permusikan Indonesia: Dara Puspita. Namun sayang, kini pamornya lenyap begitu saja dan tidak terdengar lagi. Anak-anak muda zaman sekarang pun tidak pernah tahu bagaimana sepak terjang dan torehan kejayaan yang diguratkan oleh para dara asal Surabaya ini.

Dara Puspita dibentuk pada 1964 di Surabaya oleh Titiek Adji Rachman (gitar, vokal), Lies Soetisnowati Adji Rachman (bass), Susy Nander (drum), dan Ani Kusuma (gitar). Pada 3 April 1965, posisi Ani Kusuma digantikan oleh Titiek Hamzah. Dengan formasi inilah, Dara Puspita mulai menuai kegemilangannya.

Mengusung aliran pop-rock progesif, Dara Puspita tampil mendobrak mainstream saat itu dengan berpenampilan berani. Anak-anak Dara Puspita biasa mengenakan rok mini dengan warna ceria, sepatu bot setinggi lutut, dan rambut tergerai serta berponi manis.

Lagu-lagu yang mereka bawakan cenderung berkarakter keras, ditunjang dengan aksi panggung yang ciamik. Sejumlah hits Dara Puspita yang pernah ngetop kala itu antara lain: Welcome to My House, Ba Da Da Dum, Surabaja, Mari-Mari, A Go Go, dan masih banyak lagi.

Dara Puspita menjadi band cewek paling sukses sepanjang sejarah karena mereka sangat tenar pada masanya. Setiap konser di berbagai daerah, keempat bidadari ini selalu dielu-elukan.

Tidak hanya di Indonesia, Dara Puspita juga sering tampil di luar negeri, seperti Malaysia, Iran, Turki, bahkan mereka sempat melakukan konser tur keliling Eropa.

Lagu-lagu Dara Puspita waktu itu sangat populer di Prancis, Jerman, Belgia, Belanda, Spanyol, Inggris, Hungaria, dan negara Eropa lainnya hingga akhir tahun 1971. Salah satunya adalah Ba Da Da Dum yang penggarapannya diiringi oleh orkestra yang pernah mengiringi penampilan The Beatles.

Kegemilangan yang dicapai Dara Puspita ternyata bertolak belakang dengan kondisi internal mereka yang mulai retak. Pada 11 September 1971, Titik Hamzah menyatakan mundur. Akhir riwayat, pada April 1972, Dara Puspita resmi bubar di puncak populeritas mereka yang telah dikenal dunia.

Diskografi:

1966 – Jang Pertama

1966 – Edisi II

1967 – Green Green Grass of Home

1967 – A Go Go

1972 – Dara Pupita Min Plus

1974 – Pop Nostalgia Emas Vol. 1 Remaco

1974 – Dara Pupita Disco Recording

One thought on “Dara Puspita, Tumbang di Puncak Gemilang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda