Scroll to Top

Alberto Aquilani Kembali ke Liverpool?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Jun 2011

Nasib Alberto Aquilani, pemain yang digadang-gadang menjadi Andrea Pirlo berikutnya, kini tengah terancam. Juventus, klub yang meminjamnya dari Liverpool, tidak ingin memperpanjang masa peminjaman. Apalagi Juventus berhasil mendapatkan Pirlo dari AC Milan dalam status free transfer.

Alhasil, Aquilani mesti kembali ke Liverpool. Padahal, di klub yang bermarkas di Anfield ini, Aquilani sempat menjadi pesakitan karena tidak menjadi pilihan utama mantan pelatih Rafael Benitez dan Roy Hodgson. Apakah Aquilani mesti kembali menjadi penghuni tetap bangku cadangan dan posisinya di timnas Italia pada Euro 2012 terancam hilang?

Sebenarnya, tidak ada yang salah dari gelandang berusia 26 tahun ini. Di AS Roma sejak 2002 hingga 2009, Aquilani begitu gemilang. Duetnya di lini tengah Giallorossi bersama Danielle De Rossi menjadikan Roma sebagai salah satu tim dengan gelandang lokal terbaik. Bahkan, Romanisti menjulukinya “Pangeran Muda” Roma, menunjukkan penghormatan mereka pada Aquilani (dianggap akan menggantikan posisi Totti Sang Pangeran Roma suatu saat nanti).

Bencana datang kala Liverpool membelinya seharga €20 juta pada awal musim 2009/2010. Aquilani tidak masuk dalam skuad pilihan Rafael Benitez. Ia kerap dimainkan hanya ketika Liverpool tengah membuang waktu demi mempertahankan keunggulan atau di sekitar 20 menit terakhir. Meskipun Aquilani pada musim ini mencatat 26 kali tampil dengan seragam The Reds, ia hanya beberapa kali turun sebagai starter.

Barangkali karena keadaan ini pula, Aquilani tidak diboyong Italia dalam Piala Dunia 2010. Secara tragis, Azzuri tersingkir di babak penyisihan grup tanpa sang pangeran muda.

Musim 2010/2011, Juventus meminjam Aquilani. Sempat menjadi cadangan, Aquilani kemudian sering tampil sebagai pemain reguler. Total ia bermain 34 kali dan mencetak 2 gol. Banyak yang berpendapat, Si Nyonya Tua-lah yang menyelamatkan Aquilani dari kehancuran karier.

Namun, musim depan sang penyelamat sudah memiliki rencana lain. Sementara itu, klub-klub Serie-A lain tidak tertarik memboyong pemain yang sudah memperkuat Italia 16 kali ini. Memang, ada jaminan dari Kenny Dalglish bahwa Aquilani masih mempunyai harapan di Anfield. Namun, relakah Aquilani berjudi dan untuk kedua kalinya kehilangan peluang masuk timnas Italia di turnamen besar?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda