Scroll to Top

Bocah Tunarungu 9 Tahun, Perancang Busana di JFW 2012

By C Novita / Published on Friday, 25 Nov 2011

rafi-jfw
Hebat! Hanya kalimat itu yang bisa menggambarkan sosok Rafi, bocah 9 tahun yang menderita tunarungu, namun memiliki  keahlian membuat sketsa dan merancang busana.

Atas bakat Rafi yang sudah terlihat ini, LC Foundation, Sebuah yayasan yang konsen dalam upaya penggalian potensi kebudayaan Indonesia, dengan pendirinya Lia Candrasari, berniat memberi kesempatan pada Rafi untuk unjuk kebolehan saat mereka menggelar pertunjukan fashion dengan desainer Barli Asmara.

Walau memiliki keterbatasan, Rafi mampu mencipta sketsa busana yang cantik dan elegan. Sambutan untuk karya desainer muda ini sangat membanggakan.

Melihat potensi besar tersebut,  LC Foundation membuka jalan untuk Rafi agar dapat menggelar karya-karyanya di sebuah pagelaran di Jakarta Fashion Show 2012 ini.

Awal hobi Rafi membuat skesta ini, menurut ibunya, sejak dia tertarik dengan kostum putri duyung dalam buku cerita. Rafi lantas mengembangkan lagi kostum itu sesuai dengan keinginannya. Bahkan, Rafi kecil membuat desain kostum untuk sekolah, ke pesta, dan berbagai kegiatan dalam imajinasinya.

LC Foundation, berusaha mewujudkan desain Rafi dalam busana-busana jadi, walau tidak semua dapat direalisasi. Niat baik tersebut dilandasi oleh faktor kemanusiaan, demi membantu perekonomian Rafi. Sebab bocah 9 tahun itu sedang menjalani operasi untuk penyembuhan kedua telinganya.

Selain itu juga, sebagian hasil dari penjualan desain Rafi akan digunakan oleh LC Foundation untuk misinya, berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Rafi tentu tidak bisa berjalan sendiri tanpa bimbingan dari para desainer senior, Nonita Respati dari Purana Batik, dan desainer aksesoris Ariani Prajasaputra. Para senior tersebut berkolaborasi dengan Rafi dalam PAR – Purana AARTI Rafi.

Diajang Jakarta Fashion Week 2012 ini, ada sebanyak 24 koleksi hasil sketsa Rafi berupa pakaian siap pakai ditampilkan dalam koleksi bertemakan Echoes Of Heritage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda