Scroll to Top

Mikael Forssel: Top Skorer Ketiga Kualifikasi Euro 2012

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Jun 2011

Coba kita mencermati top skorer kualifikasi Euro 2012. Di posisi pertama dan kedua, ada Klaas Jan Huntelaar dari Belanda dan Miroslav Klose dari Jerman yang sama-sama menceak delapan gol. Yang mengejutkan, di posisi ketiga ada nama Mikael Forssel. Pemain berusia 30 tahun ini mencetak 6 gol untuk timnas Finlandia.

Di tingkat klub, pada awalnya Forssell dapat dibilang cukup beruntung sekaligus sial. Pada 1998, di usia 17 tahun, ia sudah bergabung di Chelsea, yang kala itu dikenal dengan sexy football-nya. Namun, Forssell gagal menembus tim inti. Ia jelas kalah dari Gianluca Vialli, Gianfranco Zola, Tore Andre Flo, dan kelak Jimmy-Floyd Hasselbaink.

Maka, Forssell dipinjamkan ke klub lain seperti Crystal Palace, Borussia Mönchengladbach, dan Birmingham City. Di Birmingham Forssell menemukan lingkungan yang cocok. Ia menjadi pencetak gol reguler untuk tim papan bawah Liga Inggris ini. Pada musim 2003/2004, Forssell membukukan 17 gol dari 32 pertandingan.

Memuaskan klub peminjamnya, dan tidak masuk dalam rencana masa depan Chelsea, akhirnya Forssel dilego ke Birmingham pada 2005. Namun, faktor cedera membuat Forssell kehilangan sentuhan. Ia gagal bermain maksimal. Dalam tiga tahun bersama The Blues, Forssell hanya mencatatkan 13 gol dari 65 pertandingan di liga.

Pada 2008, Forssell hijrah ke Bundesliga, ke Hannover 96. Hingga saat ini, ia masih bermain di klub yang sama, meski torehan golnya tidak cukup signifikan.

Barangkali Mikael Forssell termasuk pemain langka, yang tidak maksimal di klub, tapi luar biasa di tingkat negara. Ia menjadi striker pilihan Finlandia sejak 1999. Tanpa Forssell, Finlandia seolah menjadi tim pecundang. Hingga kini ia tercatat mencetak 25 gol dari 6 pertandingan di timnas, termasuk 6 gol di kualifikasi Euro 2012 kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda