Scroll to Top

Gara-Gara Ludah, Jembatan Howrah di India Berkarat Parah

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Nov 2011

jembatan howrah

Tahukah Anda? Di India, ada sebuah jembatan bersejarah yang kondisinya mengenaskan gara-gara aksi “vandalisme”.  Jembatan Howrah namanya, yang berada di Kota Kalkuta. Uniknya, bentuk “vandalisme” ini berupa karat-karat yang menempel pada besi di badan jembatan. Karat tersebut muncul bukan didominasi faktor cuaca atau penyebab umum karat. Melainkan, terbentuk karena ulah orang lewat yang meludah di besi jembatan.

Bukan sembarang ludah lho. Ludah tersebut keluar dari orang yang sebelumnya makan quthka (campuran tembakau dan jeruk) dan daun pinang yang dipadu kacang dan jeruk. Makanan tersebut efektif membuat karat pada besi setelah tercampur ludah. Sampai-sampai, landasan jembatan menciut setelahnya dan berubah warna menjadi merah.

Menurut sumber BBC, ada 500 ribu orang yang lewat di jembatan seberat 26.500 ton ini setiap harinya. Itu masih ditambah setengah juta kendaraan yang melintas. Saat melintas, banyak ditemui orang yang meludah di sepanjang jembatan. Dan, pelakunya cukup cuek melakuan perbuatan tersebut.

“Setiap kali saya melihat orang meludah di jembatan, saya denda. Namun tidak mungkin mengawasi orang yang lalu lalang setiap hari,” kata Parbati Chowdhury, seorang polisi setempat.

Otoritas setempat cukup prihatin melihat keadaan Jembatan Howrah. Teknisi pun berniat melapisi jembatan dengan serat kaca. Dalam waktu 3-4 bulan diharapkan serat kaca ini selesai sepenuhnya.

“Serat ini dapat dicuci, jadi bila ludah sudah menumpuk kami bisa cuci.” kata Amitabha Chatterjee, teknisi jembatan.

Untuk mengedukasi pengguna jalan di jembatan itu, rencananya akan dipasang rambu peringatan dan gambar dewa. Orang India sangat menghormati dewa sehingga akan mengurungkan niatnya meludah di jembatan jika terdapat gambar dewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda