Scroll to Top

E-Benzin, Bahan Bakar Air Pengganti Bensin Temuan Audi

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 24 May 2015

ebensin audi

Inovasi penggunaan bahan bakar alternatif telah berhasil dibuat oleh Audi. Produsen mobil kenamaan itu baru saja menemukan pengganti dari bensin tanpa sama sekali memakai olahan dari minyak bumi. Oleh Audi, bahan bakar alternatif tersebut diberi nama e-benzin. Menggunakan bahan bakar ini dijamin lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, e-benzin sama sekali tidak memiliki kandungan sulfur dan benzene. Dengan demikian penggunaan e-benzin sangat bersih ketika digunakan. Bahkan, kadar oktan yang dihasilkannya lebih tinggi dari Pertamax yang dijual Pertamina karena telah mencapai RON 100.

Proses riset yang dilakukan oleh Audi untuk bisa menghasilkan e-benzine tidak sebentar. Audi diketahui melakukan pengkajian terhadap kemungkinan hadirnya bahan bakar baru dengan menggunakan komponen yang yang lebih sederhan. Dikutip dari laman Dapur Pacu, e-benzin bisa tercipta dengan mengandalkan pengguanaan air, hidrogen, karbondioksida, dan sinar matahari.

Audi juga membuat hal yang serupa untuk penggunaan pada mesin diesel. Produk yang dihasilkan bernama e-diesel. Komponen yang diperlukan adalah udara, air, dan energi hijau.

Diungkapkan oleh Reiner Mangold Reiner Mangold, Head of Sustainable Product Development Audi, proses Global Bioenergies dari Audi yang diwujudkan dalam bentuk e-benzin merupakan lompatan besar dari strategi e-fuel Audi. Jika nantinya diproduksi massal, maka ketergantungan terhadap bahan bakar dari minyak bumi dapat ditekan.

Komentar Anda