Scroll to Top

Thailand Banjir, Stok Mobil Australia Terancam

By Aditya Mahadika / Published on Friday, 25 Nov 2011

Banjir terburuk yang melanda Thailand dalam 50 tahun terahir benar-benar mempengaruhi tak hanya Negeri Gajah Putih tersebut tapi juga negara lain. Stok beberapa model di Australia kemungkinan akan terancam menipis.

Laman caranddriver.com.au, Rabu, 23 November 2011, menulis beberapa pabrikan khawatir pasokan part, produksi, dan pengiriman produk mereka terganggu untuk bulan November dan Desember.

Inilah beberapa model yang kemungkinan minim stok di Australia:

Toyota Hilux merupakan salah satu model yang paling laris di Negeri Kangguru tersebut. Namun diperkirakan pengiriman pikap Toyota ini akan tertunda selama 1 bulan. Tiga pabrik Toyota di Jepang baru dibuka kembali pekan depan setelah enam pekan ditutup sejak 10 Oktober lalu.

“Jatah Toyota Hilux untuk Australia pada bulan Oktober akan dibangun bulan November. Sedangkan untuk November akan dilakukan pada Desember,” kata Toyota.

Toyota Hilux

Ford Australia mengatakan produksi all new Ford Ranger ditunda sampai 28 November mendatang. Minimnya pasokan part membuat pabrik di AutoAlliance Thailand menghentikan kegiatannya sejak pertengahan Oktober. Sedangkan produksi untuk mobil penumpang, seperti Ford Fiesta, akan mulai dilakukan 14 November.

Ford Ranger

Nasib yang sama dialami sepupu Ford Ranger, Mazda BT-50 yang juga diproduksi di AutoAlliance Thailand. Steve Maciver dari Mazda Australia mengatakan rencana peluncuran BT-50 Freestyle Cab akan tetap dilangsungkan bulan Desember.

Mazda BT-50

Nissan terpaksa kehilangan konsumennya lantaran tak bisa memasok Nissan Navara. Produksi Maxima dari Thailand dialihakn ke Jepang sedangkan Micra atau March beralih ke Indonesia. Produksi Navara rencananya akan berjalan 14 November kemarin namun kembali mengalami penundaan.

Nissan Navara

Mitsubishi Australia mengatakan gangguan kecil memang terjadi pada pengiriman Triton, Challenger, dan Pajero. “Tapi kami positif hal itu akan segera terselesaikan,” kata Lenore Fletcher Mitsubishi Australia.

Mitsubishi Triton

Banjir memang tidak menggenangi pabrik Chevrolet yang memproduksi Chevrolet Colorado atau yang di Australia disebut Holden Colorado. Sehingga mereka bisa tetap melakukan produksi all new model Colorado.

Holden Colorado

Peluncuran sepupu Colorado, Isuzu D-Max juga akan tetap sesuai jadwal. Meski sempat terganggu produksi sudah kembali berjalan akhir November ini.

Isuzu D-Max

Banjir di Thailand sudah menelan korban 600-an jika lebih. Banjir yang sudah berlangsung sejak akhir Juli itu menggenangi lebih dari dua pertiga wilayah negara yang terdiri dari 77 propinsi tersebut. Minggu kemarin, pemerintah Thailand mengumumkan jika masih ada 17 propinsi yang tergenang air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda